Sultan Tetapkan Status Siaga Darurat Bencana

Sultan Tetapkan Status Siaga Darurat Bencana
Sultan saat meninjau pengungsian di Gedung Serbaguna Sumberagung.

BANTUL (MERAPI) – Selama satu pekan ke depan, Gubernur DIY, Sri Sultan HB X telah menetapkan status Siaga Darurat Bencana. Hal ini dilakukan agar setiap kepala daerah memiliki dasar dalam penggunaan dana kedaruratan. Hal ini disampaikan Sultan saat meninjau lokasi pengungsian di Gedung Serbaguna Desa Kebonagung Imogiri, Rabu (29/11) siang ini.

Sultan mengatakan status tersebut berlaku untuk seluruh wilayah di DIY. Menurutnya penanganan terhadap pengungsi harus dilakukab dengan optimal sehingga membutuhkan dana kedaruratan. “Sing penting iso ngrawat ngurusi warga terdampak,” ungkapnya.

Sementara, dalam rapat koordinasi yang dilakukan Rabu pagi sejumlah instansi akan melakukan pendataan. Kepala Bappeda Bantul, Festy Yusdayanti mengatakan dalam rapat tersebut baru disampaikan dampak bencana secara global dari BPBD. Sedangkan dari instansi lain belum melakukan laporan. Hal ini karena banyaknya pebdataan yang belum selesai. “Belum, hari ini baru didata semua,” sebutnya.

Lebih lanjut, dalam rapat tersrbut bencana bamjir dan longsor terjadi di 17 kecamatan dan 51 desa seluruh Bantul. Menurutnya dana kedaruratan Bantul saat ini masih tersedia Rp 18 miliar. Dana tersebut akan digunakan untuk melakukan penanganan kebencanaan. “Data krbutuhannya harus masuk selama status darurat dua minggu ini,” pungkasnya. (C1)

Read previous post:
Bupati Bantul Tetapkan Status Tanggap Darurat Bencana
Bupati Bantul Tetapkan Status Tanggap Darurat Bencana

BANTUL (MERAPI) - Peningkatan status darurat bencana diambil setelah bencana banjir terjadi hampir di seluruh wilayah kabupaten Bantul. Sehingga pelaksanaan

Close