JADI MITRA POLISI – Anggota Klub Motor Ikut Razia Cah Klitih

Didampingi Bripka Winardi, BTRAC memberikan paket sembako kepada tukang becak
Didampingi Bripka Winardi, BTRAC memberikan paket sembako kepada tukang becak

BANTUL (MERAPI) – Aksi Klitih atau pembacokan yang makin marak di Bantul menjadi perhatian bagi sekelompok pemuda yang tergabung dalam klub motor, Bantul RX King Automotive Club (BTRAC). Kondisi rawannya pembacokkan di Bantul membuat para anggota BTRAC berinisiatif melakukan pantuan di jalur-jalur rawan tersebut untuk mencegah klitih. Bahkan klub motor ini telah menjadi mitra kepolisian dalam menciptakan kondisi aman dan nyaman bagi warga sejak beberapa tahun terakhir.

Ketua Umum BTRAC, Tiko Hardiyanto kepada Merapi, Minggu (26/11) mengatakan, sekitar 150 anggota klub motor ini melakukan pantauan di beberapa jalur rawan klitih di wilayah Bantul. Menurut Tiko, pantauan itu pasti dilakukan di akhir pekan dan beberapa hari lain jika dimungkinkan. Dalam pantauan itu, pihaknya membantu polisi dalam mendeteksi potensi gangguan keamanan berupa kekerasan di jalan raya. Menurutnya, pengendara yang melintas di jalan umum seringkali menunjukkan beberapa sikap yang mencurigakan. “Saat memantau itu, kita pasti perhatikan jika ada hal-hal aneh,” sebutnya saat ditemui di sela bakti sosial, kemarin pagi. Dalam kegiatan yang digelar rutin itu, sedikitnya 50 paket sembako diberikan kepada tukang becak di sekitar wilayah Bantul Kota. Dia menambahkan, jika ditemui perilaku mencurigakan di jalan, maka pihaknya akan segera melaporkan ke pihak berwajib. Bahkan beberapa kali anggotanya harus membuntuti pengendara yang dicurigai seperti membawa senjata tajam. Saat itulah kemudian melapor dan akan ditindaklanjuti oleh pihak kepolisian. “Biasanya kita mulai dari Perempatan Klodran sampai ke Jalan Srandakan Sapuangin,” sebut ketua klub motor yang terbentuk tahun 2010 silam itu.

Binmas Polsek Bantul, Bripka Winardi membenarkan bahwa BTRAC sudah menjadi mitranya dalam beberapa tahun terakhir. Pihaknya menggandeng klub motor ini sebagai mitra dalam keselamatan berkendara maupun menciptakan kondisi yang aman dan nyaman dalam berkendara. Dia mengaku sering memberikan pembinaan dan pelatihan bagi mitra Polisi. Sehingga pihaknya terus mendukung klub-klub motor lainnya menjadi pelopor keselamatan lalulintas. “Teman-teman ini bukan geng motor, tapi klub yang menjadi mitra polisi. Kita terus memberikan pendampingan dan pembinaan agar bisa menjadi pelopor bagi masyarakat yang lain,” ungkap polisi yang belum lama mendapat penghargaan langsung dari Kapolri tersebut. (C1)

Read previous post:
Polisi menunjukkan longsoran tebing yang menimpa rumah Subarjo
MUSIM HUJAN RAWAN BENCANA – Pengantin Baru Tewas Tertimbun Longsor

PENGASIH (MERAPI) - Bencana tanah longsor yang terjadi di Dusun Ngruno, Desa Karangsari, Kecamatan Pengasih, Sabtu (25/11), merobohkan tebing setinggi

Close