Berlagak Tanya Alamat, Gasak Dompet dan HP

Tersangka saat diamankan di Polres Sleman
Tersangka saat diamankan di Polres Sleman

SLEMAN (MERAPI) – Satreskrim Polres Sleman berhasil menangkap DW (32), tersangka pencurian dengan modus bertanya alamat kepada korban yang keadaan rumahnya terbuka di Cokrowijayan Banyuraden Gamping Sleman.

Wakapolres Sleman Kompol Heru Muslimin mengatakan tersangka warga Ogan Komering Ulu Sumatera Selatan tersebut mencuri dengan modus pura-pura menanyakan alamat kepada korban yang saat itu rumahnya dalam keadaan terbuka, Minggu lalu. Begitu korban lengah, para pelaku langsung bergerak cepat mengambil tablet, dan tas berisi dompet dengan uang Rp 380 ribu di atas meja dapur. Akibat kejadian itu korban mengalami kerugian hingga Rp 2.380.000.

“Saat pelaku mengambil handphone, korban mengetahui dan langsung berteriak. Namun tersangka langsung kabur bersama temannya yang sudah menunggu di luar di atas motor,” ujar Kompol Heru Muslimin, Jumat (24/11).

Kasus tersebut langsung dilaporkan korban ke Polres Sleman. Dari hasil penyelidikan, tersangka akhirnya berhasil diringkus. “Satu tersangka sudah kita amankan, tapi temannya berinisial FD masih dalam pengejaran,” katanya.

Heru menambahkan dalam menjalankan aksinya, tersangka saling berbagi tugas. DW sebagai pengendara sepeda motor, sedangkan FD masuk dalam rumah dan mengambil barang milik korban sekaligus menjual barang hasil curian.

“Hasil kejahatan dijual dan hasilnya dibagi dua, untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari,” ujar Heru. Atas persitiwa ini, Heru mengimbau kepada warga agar tidak meninggalkan rumah dalam keadaan terbuka, sehingga tindakan kejahatan bisa dicegah.

Sementara itu tersangka DW mengaku hasil pencuriannya sudah dijual kepada seorang penadah, uang yang didapat sudah digunakan untuk membeli keperluan sehari-hari. “Baru pertama melakukan pencurian, hasilnya buat makan,” kata DW.

Guna mempertanggungjawabkan perbuatannya tersangka harus mendekam di sel tahanan Polres Sleman. Tersangka dijerat Pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan dengan ancaman hukuman 7 tahun penjara. (Shn)

Read previous post:
Salah seorang tersangka curat yang diamankan polisi
Dua Bulan Beraksi di 14 Lokasi, Remaja Otaki Aksi Pencurian

WONOSARI (MERAPI) - Tim  Opsnal Satuan Reskrim Gunungkidul berhasil  mengungkap   aksi pencurian dengan pemberatan (curat) yang diotaki seorang terasangka di

Close