Dua Bulan Beraksi di 14 Lokasi, Remaja Otaki Aksi Pencurian

Salah seorang tersangka curat yang diamankan polisi
Salah seorang tersangka curat yang diamankan polisi

WONOSARI (MERAPI) – Tim  Opsnal Satuan Reskrim Gunungkidul berhasil  mengungkap   aksi pencurian dengan pemberatan (curat) yang diotaki seorang terasangka di bawah umur, Jumat  (24//11). Tiga tersangka masing-masing  Ws (18),  Fk (17), keduanya   warga Desa Banyusoco, Playen dan Js (16) warga Srikoyo Kecamatan Playen, Gunungkidul. Ketiga tersangka sudah  diamankan dan menjalani proses hukum di Mapolres Gunungkidul.

“Penanganan  kasus ini menjadi dua perkara karena 2 dari 3 tersangka berstatus masih di bawah umur,” kata Kapolres  Gunungkidul AKBP M Arif Sugiyarto SIk.

Terungkapnya kasus ini bermula dari laporan masyarakat saat ketiga tersangka tersebut melakukan percobaan pencurian di Dusun Siyono Wetan, Logandeng, Kecamatan Playen. Saat ketiga tersangka memasuki salah satu rumah di Jl Manthous diketahui salah seorang warga yang tengah mengecas ponsel. Pemilik yang mendapati kejadian tersebut langsung berteriak maling dan satu dari tiga  pelaku akhirnya berhasil dibekuk.  Hasil pemeriksaan kepolisian cukup mengejutkan, dalam waktu kurang dari dua bulan ketiga tersangka berhasil menjarah barang-barang berharga di 14 lokasi kejadian. “Mereka berhasil menyikat  barang-barang berharga yang totalnya bernilai puluhan juta,” imbuhnya.

Mereka itu beraksi pada  tengah malam hingga Subuh dan tiap malam tidakl hanya beraksi di satu lokasi tetapi ada yang mencapai 3 TKP. Ke-14 lokasi ini belum termasuk di sejumlah warung maupun kantin sekola. Dari ketiga tersangka itu Js merupakan otak yang merencanakan aksi dan bertindak sebagai eksekutor adalah Ws. Karena 2 dari 3 tersangka ini masih di bawah umur  maka penanganan perkara mengacu pada Undang-Undang Sistem Peradilan Anak No 11 Tahun 2012 dengan ancaman hukuman 6 tahun penjara.

Hingga kini hasil pemeriksaan kepolisian masih terus didalami  dan ditelusur kemungkinan dalam aksinya melibatkan tersangka lain. Adapun barang bukti yang belum sempat dijual telah diamankan. “Sebagian  hasil kejahatan sudah mereka jual dengan cara online dan  diposting melalui media sosial,” terang Kapolres Gunungkidul. (Pur)

Read previous post:
Tersangka NK diamankan polisi
Pemuda Berclurit Tantang Polisi

PATI (MERAPI) -  NK (24) warga Dukuh Bombong, Desa Baturejo, Kecamatan Sukolilo akhirnya meringkuk di sel tahanan, karena menantang polisi

Close