Dicampur 10 Persen Air Sumur, Air Minum Kemasan Terdakwa Membahayakan

Saksi dari Balai Besar POM Yogyakarta saat memberi kesaksian di persidangan
Saksi dari Balai Besar POM Yogyakarta saat memberi kesaksian di persidangan

BANTUL (MERAPI) – Hasil produksi Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) terdakwa KB bin Sukarjo (45) warga Piyungan Bantul selain tak memiliki izin, juga berbahaya bagi kesehatan manusia. Hal itu diketahui dari hasil uji laboratorium yang menunjukkan air minum produksi terdakwa mengandung senyawa berbahaya.

Selain itu majelis hakim diketuai Fitria Titin Anugerahwati SH juga memperingatkan terdakwa untuk tetap hadir dalam sidang. Karena sebelumnya terdakwa didampingi penasihat hukum Kresnajati SH yang tak dilakukan penahanan mangkir tak menghadiri sidang.

“Setelah tempat produksi ditutup kemudian kami mengambil sampel air sebanyak 1 galon. Saat diuji di laboratorium hasil air minum ternyata tak baik bagi kesehatan,” ujar salah satu saksi dari Balai Besar POM Yogyakarta di muka persidangan PN Bantul.

Disebutkan, AMDK yang mengandung senyawa berbahaya tersebut berasal dari air baku yang tak sehat. Bisa juga muncul dari alat yang digunakan tak hiegenis. Apalagi produksi AMDK ilegal tanpa adanya izin tersebut membuat tak terjamin kesehatannya. Dari perbuatan terdakwa tersebut, jaksa Anto Donarius Holyman SH menjerat terdakwa dengan pasal 142 jo pasal  91 ayat (1) UU RI No 18 Tahun 2012 tentang Pangan.

Dalam praktiknya, terdakwa telah memproduksi AMDK dengan label Hexahaq yang diproduksi CV Tirta Bening Sumber Alami di Dusun Bebekan Sandeyan Srimulyo Piyungan Bantul dengan kapasitas produksi 5.700 liter per hari atau 300 galon per hari.

Dengan alasan pengiriman bahan baku air dari CV Tirta Jaya terbatas, untuk memenuhi kuota permintaan dari konsumen sebanyak 300 galon, maka CV Tirta Bening Sumber Alami atas sepengetahuan terdakwa mencampur air sumur untuk memenuhi kuota tersebut.

Sedang persentase campuran air yang digunakan sebagai bahan baku AMDK tersebut yaitu 10% air sumur dan 90% air dari CV Tirta Jaya. Tetapi ternyata campuran AMDK yang dilakukan terdakwa membahayakan kesehatan. (C-5)

Read previous post:
Tersagka Ny Sri dengan kedua tangan diborgol
IBU RUMAH TANGGA SELUNDUPKAN NARKOBA KE TAHAHAN – Sabu Dimasukkan Mulut Ikan

SEMARANG (MERAPI) - Aparat Polrestabes Semarang kembali menggagalkan penyelundupan narkoba jenis sabu ke dalam sel tahanan sementara PN Semarang. Penyidik

Close