11 Hari Operasi, 5.000 Pengendara Ditilang

Satlantas Polres Kulonprogo melaksanakan operasi Zebra Progo
Satlantas Polres Kulonprogo melaksanakan operasi Zebra Progo

WATES (MERAPI) – Meski baru berjalan 11 hari, Satlantas Polres Kulonprogo telah menilang lebih dari 5.000 pengendara dalam pelaksanaan Ops Zebra Progo 2017. Mayoritas di antaranya, merupakan pelanggaran kelengkapan kendaraan. Giat yang dimulai pada 1 November tersebut dijadwalkan berlangsung selama dua pekan, hingga 14 November dengan menyasar kawasan tertib lalu-lintas di lokasi berbeda.

Data dari Satlantas Polres Kulonprogo menyebutkan, hingga hari ke 11 tidak ada kejadian menonjol dalam operasi, baik kecelakaan lalu lintas dengan korban meninggal, luka berat, luka ringan maupun kerugian materi. Meski demikian, hingga 11 November petugas telah mengambil tindakan hukum berupa tilang sebanyak 5.061 pengendara serta 329 teguran.

Kasatlantas Polres Kulonprogo, AKP Maryanto menyebutkan, ada sejumlah jenis pelanggaran dalam operasi ini. Pelanggaran didominasi kelengkapan kendaraan yakni 3.373 pengendara, kemudian disusul pelanggaran helm sebanyak 994 pengendara. Ini menunjukkan bahwa kesadaran pengendara tentang keselamatan berlalu-lintas masih rendah.

“Kemudian pelanggaran surat-surat seperti SIM atau STNK sebanyak 412 pengendara, pelanggaran rambu atau marka 145 pengendara, pelanggaran muatan 78 pengendara serta pelanggaran sabuk pengaman 59 pengendara,” ungkapnya, Minggu (12/11).

Adapun barang bukti yang disita dalam giat yakni 1.091 SIM, 3.910 STNK dan 57 kendaraan. Jenis kendaraan yang melanggar terdiri dari 4.782 motor, 190 mobil, 3 bus dan 86 kendaraan angkutan barang. Petugas kemudian mengambil tindakan untuk mengedukasi masyarakat berupa pembinaan dan penyuluhan serta menyebar 777 leaflet, brosur juga spanduk. (Unt)

Read previous post:
Peserta mengikuti Seminar dan Lokakarya sejarah lokal Kulonprogo di Kompleks Pemkab Kulonprogo
Kulonprogo Kaya Potensi Alam

WATES (MERAPI) - Topografi wilayah Kulonprogo bervariasi, yakni dari 0-1.000 meter di atas permukaan laut  atau MDPL. Kondisi ini memungkinkan

Close