Kuras Harta Majikan, Pengasuh Bayi Divonis 4 Bulan Penjara

YOGYA (MERAPI) – Seorang baby sitter alias pengasuh bayi, Soimatul Islamiyah (18) yang tinggal di Tegalrejo Yogyakarta divonis 4 bulan penjara potong masa tahanan di persidangan PN Yogya, Jumat (3/11). Vonis yang dijatuhkan hakim sama dengan tuntutan jaksa Dewi Sofiastuti SH yang semula menuntut 4 bulan penjara. Dalam pekara ini terdakwa dijerat Pasal 363 KUHP karena telah menguras barang-barang milik saksi korban,  Kumalasari Dewi Saputro yang tak lain majikannya sendiri.

Terungkap dalam persidangan, pada Juni 2017 terdakwa bekerja di rumah saksi korban Kumalasari Dewi Saputro sebagai baby sitter (pengasuh bayi). Pada saat saksi korban sedang pergi ke luar rumah, terdakwa masuk ke dalam kamar tidur dan langsung membuka pintu lemari.

Saat itu terdakwa mengambil 1 jam tangan merek Juicy Couture warna perak emas, 1 buah jam tangan merek Chanel warna putih, 1 buah jam tangan merek Ashley warna hitam, 1 buah jam tangan merek VNC warna coklat, 2 buah cincin, 1 buah gelang merek Hermes yang berada di dalam lemari tanpa sepengetahuan dan seizin saksi korban selaku pemiliknya.

Setelah itu terdakwa mengambil uang Rp 350 ribu dari dalam dompet yang diletakkan di atas meja kamar saksi korban. Selanjutnya terdakwa ke luar kamar dan mengambil 1 bungkus rokok Marlboro Black.

Seluruh barang yang telah diambil terdakwa dimasukkan ke dalam tas miliknya dan disimpan di dalam kamar terdakwa. Selanjutnya pada Senin 31 Juli 2017 terdakwa mengatakan ingin berhenti bekerja dan hal itu menimbulkan kecurigaan pada diri saksi korban. Pasalnya terdakwa belum genap 1 bulan bekerja dan terlebih lagi beberapa hari sebelumnya saksi korban merasa kehilangan barang-barangnya.

Karena curiga  kemudian saksi korban bersama dengan petugas keamanan rumah dan pemilik biro jasa baby sitter menanyakan alasan kenapa terdakwa ingin berhenti bekerja. Saat itu terdakwa diminta untuk membuka tas warna hitam milik terdakwa dan di dalamnya ditemukan barang-barang milik saksi korban.

Selanjutnya terdakwa dibawa ke Polsek Tegalrejo guna dilakukan penyidikan lebih lanjut.  Akibat perbuatan terdakwa, saksi korban mengalami kerugian sebesar Rp 5 juta. (C-5)

 

Read previous post:
Siswa melihat pameran lukisan
Catec Pamer Karya Lukisan

TEMANGGUNG (MERAPI) - Setidaknya 30 lukisan karya seniman lukis di Kabupaten Temanggung yang tergabung dalam Cah Temanggung Creatif (Catec) dipamerkan

Close