BNNP Mendadak Tes Urine Pegawai

BANTUL (MERAPI) – Pengadilan Negeri (PN) Bantul bekerja sama dengan BNNP DIY melakukan tes urine bagi hakim dan pegawai pengadilan di PN Bantul, Senin (30/10). Dari 56 pegawai baru 50 orang mengikuti tes urine dikarenakan sebanyak 5 orang dinas luar dan seorang pegawai baru sakit.

Kegiatan tes urine ini menindaklanjuti  surat Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum  Mahkamah Agung RI Nomor 688/DJU/KP.05.1/7/2017 tentang perintah untuk melaksanakan pemeriksaan narkoba. Tes urine dan narkoba dilakukan di pengadilan di seluruh Indonesia.

“Pelaksanaannya ini bersifat mendadak sehingga hasil tes urine nantinya akan objektif,” ujar Humas PN Bantul, Zaenal Arifin SH kepada Merapi, usai pelaksanaan tes urine.

Hingga kini hasil tes urine belum diketahui karena menunggu pegawai lainnya yang akan melakukan tes hari berikutnya. Sehingga kemungkinan hasil tes urine dapat diketahui pada Selasa sore setelah semua pegawai mengikuti tes urine. Untuk hasil tes urine nantinya akan diserahkan BNNP DIY kepada ketua PN Bantul, Agung Sulistiyono SH.

“Dengan tes urine tersebut, pengadilan sebagai institusi penegak hukum harus memberi contoh masyarakat umum untuk bersih dan bebas dari narkoba. Karena narkoba itu memang dilarang undang-undang, sehingga semua harus menghindari narkoba,” tegas Zaenal.

Sementara Santi, salah seorang pemeriksa dari Seksi Pemberdayaan Masyarakat BNNP DIY menyebutkan, tes urine yang dilakukan di PN Bantul sebagai deteksi dini penyalagunaan narkoba. Langkah ini sebagai upaya preventif atau pencegahan penyalahgunaan narkoba di instansi pemerintah.

“Untuk tes urine nanti akan kami sampaikan dalam bentuk tertulis yang ditandatangani Kepala BNNP DIY. Untuk tindak lanjut dari tes urine akan dilakukan sesuai dengan hasil yang diperoleh dari tes tersebut,” tegas Santi. (C-5)

Read previous post:
Sosialisasi Operaso Zebra Progo 2017 Polantas Joget Bareng di Pasar
Sosialisasi Operaso Zebra Progo 2017 Polantas Joget Bareng di Pasar

WATES (MERAPI) - Aparat Polda DIY akan menggelar Operasi Zebra Progo 2017 pada 1-14 November mendatang. Polisi pun melakukan berbagai

Close