Suatu produk agar dapat sertifikat halal butuh proses panjang, garis besar tahapannya apa saja?

- Jumat, 2 Desember 2022 | 11:15 WIB
Pelaksanaan webinar Halal Food antara lain membahas tahapan suatu produk agar memperoleh sertifikasi halal. ( Foto: Dok BHP UMY)
Pelaksanaan webinar Halal Food antara lain membahas tahapan suatu produk agar memperoleh sertifikasi halal. ( Foto: Dok BHP UMY)


 

HARIAN MERAPI – Sebagai seorang muslim perlu selektif sebelum mengonsumsi suatu produk makanan dan minuman. Jika produk tersebut semua unsurnya halal dan proses produksinya tak menggunakan media haram, maka hukum produknya halal.

Hal tersebut diungkap Ketua Divisi Fatwa Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah, Dr Fuad Zen MA dalam webinar Halal Food "Faith and Food," baru-baru ini.

Terselenggaranya webinar tersebut hasil sinergi antara Lembaga Pengkajian dan Pengamalan Islam Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (LLPI UMY), Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah, Majelis Dikti Litbang PP Muhammadiyah, dan Asosiasi Kantor Urusan Internasional PTMA.

Baca Juga: Video viral Ratu Adil dan Imam Mahdi bikin heboh Karawang, Bupati Cellica perintahkan penelusuran

Dijelaskan pula oleh Dr Fuad, seiring berjalannya waktu, kehadiran lembaga sertifikasi halal kian penting sebagai sebuah badan yang secara sah melakukan kajian lebih dalam untuk menentukan halal atau harammnya suatu produk.

“Di sinilah lembaga sertifikasi halal mempunyai peranan sangat penting,” tandas Fuad.

Ditambahkan Fuad, dalam menentukan status halal dan haram pada produk modern tidaklah mudah. Berbeda dengan sebuah produk sederhana sudah jelas kehalalannya, misalnya yang berbahan buah-buahan dan sayuran.

Selain itu diantara banyaknya produk halal dan haram, juga cukup banyak produk yang masih samar-samar hukumnya (syubhat) dan ini biasanya ditemukan di produk modern, misalnya obat obatan.

Baca Juga: Pencegahan HIV AIDS, Pemkab Sukoharjo bersinergi dengan semua pihak, begini langkahnya

“Maka, peran ulama dan lembaga sertifikasi halal untuk melakukan pendekatan hukum dan ijtihad dalam menentukan hukum produk tersebut juga sangat penting,” paparnya.

Halaman:

Editor: Hudono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

SMAN 1 sukses gelar Pameran Edukasi Magelang 2023

Senin, 23 Januari 2023 | 08:30 WIB
X