PSKK Fakultas Psikologi UMBY gelar pelatihan bertajuk Psikoedukasi Caregiver Berdaya

- Jumat, 18 November 2022 | 08:50 WIB
Foto bersama sebagian peserta pelatihan serta tim PSKK Fakultas Psikologi UMBY.  (Foto: Dok Humas UMBY)
Foto bersama sebagian peserta pelatihan serta tim PSKK Fakultas Psikologi UMBY. (Foto: Dok Humas UMBY)

HARIAN MERAPI - Orang tua dengan anak berkebutuhan khusus sering menemukan beberapa tantangan atau permasalahan tersendiri di masyarakat.

Hal tersebut banyak dialami pula oleh para orang tua yang memiliki anak dengan disabilitas dan tinggal di kawasan Kapanewon Sedayu, Bantul.

Menyikapi hal tersebut, tim peneliti, pengabdi, sekaligus dosen yang tergabung dalam Pusat Studi Keluarga dan Komunitas (PSKK) dari Fakultas Psikologi Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) menggelar pelatihan bertajuk Psikoedukasi Caregiver Berdaya.

Baca Juga: Kisah pakar bambu UGM yang ikut merancang Bamboo Dome, tempat santap siang pimpinan G20 di Bali

Program pelatihan dilaksanakan selama dua hari, baru-baru ini, bertempat di kompleks Kampus I UMBY Jalan Wates, Sedayu, Bantul.

Adapun tim dari PSKK Fakultas Psikologi UMBY tersebut terdiri dari Aditya Putra Kurnawan MSH Couns (ketua), Nanda Yunika Wulandari MPsi Psikolog (koordinator Bidang Pemberdayaan Masyarakat) dan Angelina Dyah Arum Setyanintyas MPsi Psikolog (koordinator Bidang Kebijakan dan Advokasi).

Sebagai tim penelitinya terdiri dari Katrim Alifa Putrikita MPsi Psikolog dan Malida Fatimah MS Couns melaksanakan serangkaian asesmen awal untuk mengidentifikasi kebutuhan.

Baca Juga: Bocoran soal CAT PPK PPS Pemilu 2024, nilai terbaik dalam CAT kunci masuk diterima PPS PPK

Menurut Aditya, dari hasil asesmen didapatkan data, bahwa orangtua terutama ibu dengan anak disabilitas memiliki rasa bersalah terhadap anak.

Halaman:

Editor: Sutriono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

SMAN 1 sukses gelar Pameran Edukasi Magelang 2023

Senin, 23 Januari 2023 | 08:30 WIB
X