• Kamis, 1 Desember 2022

Inovasi gelang tracking mahasiswa S1 UKDW lolos pendanaan TBIG Youth Changemaker

Husein Effendi
- Selasa, 20 September 2022 | 12:25 WIB
Blaze Team UKDW yang lolos pendanaan TBIG Youth Changemaker. (Humas UKDW)
Blaze Team UKDW yang lolos pendanaan TBIG Youth Changemaker. (Humas UKDW)

HARIAN MERAPI - Inovasi pembuatan gelang tracking lokasi bagi siswa autis mengantarkan tim mahasiswa dari Program Studi Sistem Informasi Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) Yogyakarta lolos pendanaan program TBIG Youth Changemaker 2022.

Program ini merupakan salah satu penerapan sustainable development goals (SDGs) sekaligus bentuk corporate social responsibility PT. Tower Bersama Infrastructure Tbk (TBIG) yang ditujukan kepada para mahasiswa yang kreatif dan inovatif untuk menerapkan ide socio-innovation yang dapat memberi perubahan positif terhadap pengembangan masyarakat dan kemajuan Indonesia.

Tim mahasiswa SI UKDW Angkatan 2020 yang disebut sebagai Blaze Team terdiri dari Trifena Katrina, Agnes Monica Pramawati, Gracia Sonia Melinda, dan Tesalonika Theresia Dwijayanti Surbakti.

Baca Juga: Detik-detik Iwan Budi Paulus terpantau CCTV di kawasan Marina Semarang pada hari dilaporkan hilang

Atas lolosnya pendanaan tersebut, Trifena Katrina selaku Ketua Tim ungkapan syukur dan terima kasih atas bimbingan dan dukungan dari Drs. Jong Jek Siang selaku Kepala Program Studi Sistem Informasi UKDW sekaligus dosen pembimbing.

Lebih lanjut, Trifena mengatakan ide pembuatan gelang tersebut tercetus setelah melihat kondisi lingkungan SLB Negeri 1 Bantul yang cukup luas, sehingga membuat para guru cukup kewalahan dalam melakukan pengawasan siswa ketika beraktivitas di luar ruangan.

Berangkat dari permasalahan tersebut, Blaze Team lantas membuat proyek berjudul “Pembuatan Gelang Actio sebagai Media Pemantau Aktivitas Siswa Autis di SLB Negeri 1 Bantul”.

Baca Juga: Anda belum mendapat subsidi upah ? Cek lagi persyaratannya, ini info lengkapnya

“Gelang ini akan dikenakan siswa ketika beraktivitas di luar kelas sehingga lokasi siswa mudah ditemukan. Pembuatan gelang Actio memberi kontribusi nyata mahasiswa dalam melakukan perubahan yang bermanfaat bagi masyarakat,” terang Trifena.

Halaman:

Editor: Husein Effendi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X