• Selasa, 6 Desember 2022

Tiga tips sukses karir bagi mahasiswa jurusan IT ala CEO SEVIMA, salah satunya memiliki sikap yang baik

- Minggu, 21 Agustus 2022 | 10:38 WIB
Sugianto Halim (Humas SEVIMA)
Sugianto Halim (Humas SEVIMA)

HARIAN MERAPI - Bagi mahasiswa jurusan teknik informatika / komputer (IT), mimpi yang banyak ditemukan adalah keinginan bekerja di perusahaan ternama,

membuat startup dan aplikasi canggih, hingga memecahkan masalah-masalah yang ada di masyarakat dengan penerapan teknologi.

Sugianto Halim, CEO SEVIMA yang juga alumni Teknik Informatika Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), juga mengakui bahwa dirinya punya mimpi yang sama.

Baca Juga: Selamat, 44 lulusan SMA Muhi berhasil lolos melanjutkan jenjang pendidikan kuliah di Kampus Baru UGM

Tapi dalam perjalanannya, ternyata mencapai mimpi tersebut tidak bisa langsung diraih sekejap setelah lulus berkuliah.

Namun perlu perjuangan ekstra sepanjang 18 tahun Halim mendirikan SEVIMA.

“Mahasiswa yang masuk di Jurusan Informatika ini merupakan mahasiswa pilihan. Proses seleksinya sangat ketat bahkan menjadi salah satu yang terfavorit di Indonesia, karena (lulusan) bidang IT sedang tren dan sangat dibutuhkan."

"Namun untuk sukses, perlu keterampilan dan menyiapkan langkah konkrit bagaimana setelah lulus mahasiswa bisa sukses dalam karir, yaitu saat bekerja dan berwirausaha di bidang IT,” ujar Halim dalam Orientasi Keilmiahan dan Keprofesian Berbasis Kompetensi (OK2BK) bersama ribuan mahasiswa baru ITS, Sabtu (20/08/2022) pagi.

Berdasarkan pengalamannya memimpin SEVIMA untuk mengembangkan sistem akademik semenjak masih berstatus mahasiswa ITS, hingga kini memimpin tiga perusahaan dan komunitas pendidikan yang tersebar di ribuan kampus se-Indonesia, Halim membagikan tips bagi para mahasiswa untuk sukses berkarir di bidang IT.

Baca Juga: KPK OTT Rektor Unila terkait suap penerimaan mahasiswa baru, ini uang disita

Halaman:

Editor: Swasto Dayanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Perwakilan UKDW raih juara 2 dalam KMI Expo XIII

Sabtu, 3 Desember 2022 | 06:34 WIB
X