• Kamis, 6 Oktober 2022

UKDW kembangkan kewirausahaan sosial inklusif lewat semiloka 'Truth Based Leadership'

- Kamis, 11 Agustus 2022 | 14:03 WIB
Suasana semiloka yang diselenggarakan UKDW. (Humas UKDW)
Suasana semiloka yang diselenggarakan UKDW. (Humas UKDW)

HARIAN MERAPI - Masa pandemi Covid-19 menunjukkan fenomena kegairahan masyarakat, termasuk kelompok rentan seperti perempuan dan penyandang disabilitas untuk membuka usaha-usaha kecil skala rumahan dan memasarkannya melalui media online.

Upaya ini dilakukan untuk menggantikan pemasukan yang terganggu akibat pandemi namun juga sekaligus menyisihkan keuntungan sebagai bantuan bagi sesama yang sangat terdampak oleh pandemi.

Akses terhadap modal kerja, kualitas produk, dan keberlanjutan usaha menjadi tantangan pengembangan usaha kelompok rentan sehingga membangun kepercayaan sebagai pelaku usaha maupun bagaimana membangun kepercayaan pasar terhadap hasil usaha mereka.

Baca Juga: Vina Panduwinata akan gelar konser '40 Tahun Selalu Cinta' di Jakarta, catat tanggalnya

Berangkat dari permasalahan tersebut, Magister Manajemen Fakultas Bisnis Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) Yogyakarta dan Perkumpulan OHANA Yogyakarta menyelenggarakan kegiatan semiloka 'Truth Based Leadership: Strategi Mengembangkan Kewirausahaan Sosial'.

Kegiatan digelar belum lama ini di Ruang Seminar Pdt. Tasdik UKDW dalam kerangka rangkaian program pemberdayaan perempuan dan kelompok rentan dalam mengembangkan wirausaha sosial.

Peserta yang hadir bersifat inklusif karena terdiri atas pelaku wirausaha sosial, pendukung pemberdayaan perempuan dan penyandang disabilitas, dosen UKDW, serta mahasiswa.

Dra. Endah Setyowati, M.Si., M.A., Dosen Mata Kuliah Humaniora yang menjadi panitia menyebutkan kegiatan ini menawarkan pendekatan membangun kepercayaan sebagai landasan bagi pribadi dan organisasi untuk menemukan gagasan dan aktivitas operasional usaha sosial agar berkelanjutan.

Baca Juga: Pasca terbongkarnya kasus pembunuhan Brigadir J, saatnya Polri bersih-bersih

Adapun narasumber semiloka ini adalah Tya Adhitama, MBA, NED., CCP, seorang konsultan, pembicara internasional dan coach terakreditasi bidang kepemimpinan/manajemen/pendidikan/filantropi.

Halaman:

Editor: Husein Effendi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X