• Kamis, 6 Oktober 2022

UMYGrace kembali digelar, beri wadah bagi mahasiswa S1 dalam publikasi hasil penelitian

- Rabu, 10 Agustus 2022 | 21:20 WIB
angkaian pembukaan UMYGrace ke-3 di Ruang Sidang Utama Gedung AR Fachruddin B-UMY.  (Foto: Sulistyanto)
angkaian pembukaan UMYGrace ke-3 di Ruang Sidang Utama Gedung AR Fachruddin B-UMY. (Foto: Sulistyanto)

JOGJA, harianmerapi.com – Salah satu poin penting dalam tri dharma perguruan tinggi, yakni penelitian, memiliki pengaruh kuat untuk kemajuan bangsa.

Adapun sebagai wadah untuk memberikan peluang bagi mahasiswa S1 dalam publikasi hasil penelitian, satu di antaranya digelar acara bertajuk Universitas Muhammadiyah Yogyakarta Undergraduate Conference (UMYGrace).

Hal tersebut dijelaskan Rektor UMY, Prof Dr Ir Gunawan Budianto MP IPM saat sambutan pembukaan konferensi ilmiah international, UMYGrace di Gedung AR Fachruddin B-UMY, Rabu (10/8/2022).

Baca Juga: Susunan pemain Indonesia vs Myanmar, Bima andalkan trio penyerang

“UMYGrace dapat diikuti oleh seluruh mahasiswa S1 di seluruh dunia, sehingga para generasi muda dari berbagai bidang ilmu dapat berkontribusi untuk menyalurkan dan mengembangkan ide-idenya secara ilmiah dalam kegiatan ini,” papar Prof Gunawan.

UMYGrace yang digelar secara hibrid, lanjutnya, sudah pernah dilaksanakan dua kali dan sekarang ini pelaksanaan yang ketiga. Kegiatan seperti ini diharapkan pula bisa untuk membina hubungan baik dengan universitas lain di luar negeri.

Hal tersebut juga ditunjukkan dengan menggandeng enam universitas asal luar negeri sebagai wakil penyelenggara acara atau co-host. Keenam universitas tersebut yaitu, Universiti Teknologi Malaysia dan Institut Agama Islam Muhammadiyah Sinjai.

Baca Juga: Komnas HAM bertemu Puslabfor Polri, berikut hasil pertemuannya......

Ada lagi Kolej Universiti Islam Perlis-Malaysia, Universiti Teknikal Malaysia Melaka, Universitas Bung Hatta, dan Sekolah Tinggi Keguruan Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Sampit.

Sedangkan tema yang diusung pada UMYGrace ke-3, yakni "Strengthening Youth Potential for Sustainable Innovation”.

Halaman:

Editor: Widyo Suprayogi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X