• Selasa, 16 Agustus 2022

Produk Pengabdian Teknologi Tepat Guna Dipamerkan UMY, Ada Alat Pemberi Pakan Ikan dan Pengukur Panjang Bayi

- Kamis, 31 Maret 2022 | 13:00 WIB
 Suasana pameran produk hasil pengabdian Teknologi Tepat Guna(TTG) UMY.  (Foto: Dok BHP UMY)
Suasana pameran produk hasil pengabdian Teknologi Tepat Guna(TTG) UMY. (Foto: Dok BHP UMY)

BANTUL, harianmerapi.com – Sebagai bentuk keberlanjutan hasil program pengabdian, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) melalui Lembaga Pengabdian Masyarakat (LPM) memamerkan produk-produk pengabdian masyarakat yang telah dilakukan oleh dosen dan mahasiswa dengan skema Teknologi Tepat Guna (TTG).

Pameran Pengabdian TTG tersebut menghadirkan 25 produk hasil pengabdian TTG dan dipamerkan selama satu hari di Plaza Bintang UMY, Rabu (30/3/2022) kemarin.

Adapun beberapa produk yang dipamerkan antara lain, alat pemberi pakan ikan otomatis, mirror therapi dan pengukur panjang bayi berbasis sensor ultrasonic.

Baca Juga: 19 Mahasiswa UMY Ikuti Program ‘International Academic and Cultural Exposure to Turkey’

Ada pula aplikasi pertolongan pertama pada kecelakaan, alat las seam welding, papan pengontrol tingkat nyeri, alat pengisian obat cair semi otomatis portabel, alat penyangga elektrik untuk sepeda motor dan masih ada beberapa jenis produk lainnya.

Menurut Rektor UMY, Prof Dr Ir Gunawan Budiyanto MP IPM, bentuk program pengabdian masyarakat dengan skema TTG yang dipamerkan tersebut, sebagai bukti nyata UMY konsisten melakukan pengabdian kepada masyarakat walaupun di tengah pandemi Covid-19.

“Pameran pengabdian TTG ini merupakan salah satu bentuk nyata bahwa UMY tetap mengabdi kepada masyarakat dan tidak lengah melakukan pengabdian walaupun masih dalam kondisi pandemi Covid-19,” terangnya.

Baca Juga: Family Day Sebagai Penutup Milad ke-41 UMY, Dimeriahkan Senam, Flashmoob Sampai Lomba Memasak

Prof Gunawan juga menambahkan, bahwa salah satu bentuk pengabdian UMY melalui program UMY Mengabdi yang tidak akan berhenti hingga saat ini khususnya di masa pandemi Covid-19, salah satunya dengan program vaksinasi booster yang telah berlangsung dan sebagai bentuk proyeksi UMY siap menghadapi fase endemi bulan Mei dan Juni mendatang.

UMY telah menyiapkan program untuk memasuki masa endemi untuk bulan Mei dan Juni mendatang, walaupun pemerintah belum pasti memberikan kepastian kapan terjadinya endemi di Indonesia, “ tambahnya.

Halaman:

Editor: Herbangun Pangarso Aji

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X