• Selasa, 24 Mei 2022

Santri Ponpes Tahfidz Darul Fithrah Ciparay Bandung Dibekali Ilmu Kewirausahaan

- Selasa, 18 Januari 2022 | 20:26 WIB
Aktivitas UMKM di Ponpes Tahfidz Darul Fithrah, Ciparay, Jawa Barat. (Dok. Istimewa)
Aktivitas UMKM di Ponpes Tahfidz Darul Fithrah, Ciparay, Jawa Barat. (Dok. Istimewa)

BANDUNG, harianmerapi.com - Pondok pesantren (Ponpes) Tahfidz Darul Fithrah di Ciparay, Bandung, Jawa Barat memiliki keistimewaannya karena membekali para peseta didiknya dengan ilmu kewirausahaan.

Bekal tersebut diberikan melalui penerapan program Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) seperti yang mereka gelar pada Selasa (18/1/2022) di Gedung Ponpes tersebut.

Dra. Euis Nurhayati, S.Pd, salah seorang Pendiri Ponpes Tahfidz Darul Fithrah saat diwawancarai pada Selasa (18/1/2022) mengatakan, tujuan diterapkannya program UMKM tersebut agar para peserta didiknya tak hanya kuat ilmu agama, tapi juga kaya mencari kehidupan duniawi.

Baca Juga: Perokok Muda Makin Suka Rokok Tingwe, Komunitas Arjuna Bikin Festival Tembakau

Ia ingin mereka kelak menjadi kaum agniya, bukan dhuafa. Mereka harus menjadi pelopor bukan pengekor.

Seperti dijelaskan Euis Nurhayati, jenis usaha UMKM yang diterapkan untuk santriwan ponpesnya tersebut, yaitu; peternakan, perikanan, berkebun, hidroponik, dan pengolahan sampah.

Untuk santriwati, yaitu; tata busana, DF Bakery, DF Snack, dan DF Water. Dari jenis usaha tersebut mereka menghasilkan produk.

Seperti; (tata busana) kerudung, seragam, (DF Bakery) roti, donat, kue-kue basah, dan seblak, (DF Snack) kue-kue kering, keripik, kerupuk, dan (DF Water) minuman mineral, dan minuman kekinian dengan berbagai varian rasa.

Baca Juga: Jika Ingin Jadi Pemimpin Makanlah Kepala Ikan dan Kuburan Palsu untuk Menemai Kuburan Asli

Lebih lanjut Euis Nurhayati mengatakan, kegiatan UMKM di Ponpes Tahfidz Darul Fithrah dilakukan setiap hari, selama satu jam (16.00 - 17.00 WIB).

Halaman:

Editor: Swasto Dayanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X