Anak Gagal Ujian, Yuk Kenali Penyebab dan Jalan Keluarnya

- Selasa, 11 Januari 2022 | 20:30 WIB
Ilustrasi anak belajar  (ANTARA/Pixabay)
Ilustrasi anak belajar (ANTARA/Pixabay)

JAKARTA, harianmerapi.com - Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK)-Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dianggap menjadi salah satu jalur pilihan mereka yang bercita-cita untuk masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) walaupun diwarnai persaingan relatif kompetitif khususnya untuk jurusan-jurusan populer.

Hal ini salah satunya karena PTN masih lebih diminati dibandingkan lembaga pendidikan tinggi lainnya, baik karena nilai akreditasinya, maupun karena keterjangkauannya dari sisi biaya.

Persaingan pada program studi PTN pun menyisakan dua hasil yakni lulus dan gagal. Mereka yang gagal, umumnya disebabkan berbagai hal di luar faktor dirinya semisal sakit.

Satu di antaranya ada jurang antara kemampuan dan jurusan di perguruan tinggi yang dipilih saat ujian.

Baca Juga: Korban Kecelakaan Maut Tol Semarang - Solo Km 482 Bertambah Jadi Tiga Orang

VP Marketing Ruangguru, Ignatius Untung Surapati berpendapat, saat memutuskan memilih jurusan tertentu dengan pesaing yang banyak, terkadang anak tak mengukur kemampuan diri. Komitmen yang dia punya juga tak tinggi sehingga berujung kegagalan.

"UTBK ada strategi, anak-anak mau masuk salah satu jurusan yang peminatnya banyak, pesaingnya banyak. Jadi, maunya tinggi tetapi komitmennya enggak begitu tinggi sehingga akhirnya gagal," kata dia dalam sebuah konferensi pers virtual, Selasa (11/1/2022).

Menurut Untung, bila pada nantinya anak bisa mengukur kemampuannya, mengatur kembali pilihan jurusan bisa dilakukan. Misalnya, memilih jurusan dengan tingkat persaingan yang tidak terlalu tinggi, namun sesuai dengan minatnya.

Baca Juga: Pasca DO Mahasiswa Terduga Pelaku, FAM UMY Desak Kasus Pemerkosaan Diproses Hukum

​Memilih jurusan yang sama di kampus berbeda dari pilihan awal juga bisa menjadi jalan keluar saat anak kembali mengikuti ujian pada kesempatan lain.

Halaman:

Editor: Widyo Suprayogi

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X