• Selasa, 24 Mei 2022

Mahasiswa Bioteknologi UKDW Yogyakarta Membuat Program Inovasi Makanan Selingan Mengatasi Masalah Diabetes

- Selasa, 11 Januari 2022 | 17:30 WIB
Inovasi mahasiswa Bioteknologi UKDW Yogyakarta raih dana riset lewat program NRC Fellowship (Humas UKDW Yogyakarta)
Inovasi mahasiswa Bioteknologi UKDW Yogyakarta raih dana riset lewat program NRC Fellowship (Humas UKDW Yogyakarta)

JOGJA, harianmerapi.com - Mahasiswa Program Studi Biologi Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) Yogyakarta membuat sebuah inovasi makanan selingan berupa nutrition bar.

Program tersebut didasari dengan adanya data dari International Diabetes Federation (IDF) menyebutkan, penderita diabetes di Indonesia per Mei tahun 2020 mencapai 6.2% dari total seluruh penduduk Indonesia.

Artinya ada lebih dari 10.6 juta penduduk yang menderita diabetes. Hal ini menjadikan Indonesia menempati posisi ke 7 dari 10 negara dengan penderita diabetes tertinggi di dunia.

Baca Juga: Babad Tanah Jawi: Ki Ageng Selamanik Senopati yang Melanjutkan Perjuangan Pangeran Diponegoro Melawan Belanda

Sedangkan penderita obesitas berdasarkan data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) per tahun 2018 mencapai 21.8%.

Ditambah dengan gaya hidup dan pola makan yang tidak sehat, prevalensi ini akan terus meningkat dari tahun ke tahun di seluruh dunia di hampir seluruh kelompok usia dan seluruh lapisan masyarakat.

Melihat permasalahan tersebut, Nigel Verrell dan Mentari Noviyanti Puteri mahasiswa Program
Studi Biologi Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) Yogyakarta membuat sebuah inovasi makanan selingan berupa nutrition bar.

Penelitian yang berjudul “Efektivitas Penambahan Biji Labu Sebagai Sumber Asam Amino Triptofan Pada Nutrition Bar Rendah GI Dalam Upaya Penekanan Sugar Craving” ini pun berhasil mendapatkan pendanaan dari PT Nutrifood Indonesia melalui program Nutrifood Research Centre Fellowship 2021.

Baca Juga: Aku Ini Binatang Jalang Karya Penyair Chairil Anwar Akan Dirilis dengan Sampul Baru Edisi Khusus

Nigel dan Mentari menjadi salah satu tim dari lima tim peneliti muda dari PTN maupun PTS yang menjadi pemenang program tersebut.

Halaman:

Editor: Swasto Dayanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X