• Minggu, 3 Juli 2022

PTS Bisa Ungguli PTN Suatu Saat Nanti, Apa Saja Syaratnya?

- Rabu, 1 Desember 2021 | 19:30 WIB
Prosesi pelantikan Prof Agus sebagai anggota dewan eksekutif BAN-PT (Foto: Dok Humas UMY)
Prosesi pelantikan Prof Agus sebagai anggota dewan eksekutif BAN-PT (Foto: Dok Humas UMY)

BANTUL, harianmerapi.com – Tak mudah untuk menyulap suatu Perguruan Tinggi Swasta (PTS) maupun Perguruan Tinggi Negeri (PTN) bersaing secara global.

Maka, sudah selayaknya jika untuk menjadi seorang anggota dewan eksekutif Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) harus memiliki pemahaman yang baik tentang bagaimana penjaminan mutu bekerja.

Selain itu juga bisa memahami peraturan-peraturannya, setidaknya tahu bahwa penjaminan mutu hakikatnya seperti apa, salah satunya akreditasi.

Demikian diungkap Guru Besar Geoteknik Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Prof Agus Setyo Muntohar ST Meng Sc PhD, Rabu (1/12/2021), yang sudah resmi dilantik sebagai anggota dewan eksekutif BAN-PT periode 2021-2026 di Jakarta.

Baca Juga: Eratkan Hubungan, Ridwan Kamil Boyong Puluhan Produk Ekraf ke Jogja

Prosesi pelantikan dilakukan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemenristekdikti) Republik Indonesia secara daring dan luring, Selasa (30/11/2021).

Ditambabahkan, baginya menjadi anggota dewan eksekutif BAN-PT merupakan sebuah pijakan baru untuk menebar manfaat ke lingkup yang lebih luas.

"Saya ingin memberikan manfaat yang lebih luas lagi, oleh karena itu saya juga sudah sering memberikan pendampingan ke beberapa daerah mengenai penjaminan mutu sebuah perguruan tinggi," ungkap Prof Agus.

Baca Juga: Konservasi Lahan Kritis di Lereng Gunung Sumbing, Sindoro dan Prahu Dimulai

Ia pun merasa optimis, suatu saat nanti di Indonesia, PTS akan mampu mengungguli PTN, namun ada beberapa syarat pentingnya.

Halaman:

Editor: Widyo Suprayogi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X