• Selasa, 25 Januari 2022

Psikolog SEVIMA Mengungkap Tips untuk Berorganisasi di Kampus

- Rabu, 24 November 2021 | 11:40 WIB
Psikolog SEVIMA Anandre Forastero yang mengungkap tips berorganisasi di Kampus. (Dok. SEVIMA)
Psikolog SEVIMA Anandre Forastero yang mengungkap tips berorganisasi di Kampus. (Dok. SEVIMA)

SURABAYA, harianmerapi.com - Beberapa kampus saat ini sudah mulai menggelar kuliah tatap muka. Seperti Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) yang sudah melakukan perkuliahan secara hybrid (bauran online - offline) sejak September lalu.

Menurut Anandre Forastero, Psikolog SEVIMA, kuliah tatap muka otomatis akan mengembalikan aktivitas Berorganisasi para mahasiswa di kampus.

Terlebih, beberapa mahasiswa telah menjadikan organisasi sebagai sebuah kegemaran. Karena berorganisasi memiliki segudang manfaat, mulai dari mengasah jiwa kepemimpinan, hingga memperluas jaringan pertemanan maupun profesional.

Baca Juga: Driver Jip Wisata Telomoyo Wajib Bunyikan Klakson di Tiap Tikungan, Tanjakan dan Turunan

"Di masa pandemi ini, mahasiswa perlu untuk lebih mengerti mengenai leadership di dalam sebuah organisasi. Agar mahasiswa bisa memetik hasil dalam berorganisasi secara optimal, di tengah keterbatasan yang kita miliki saat ini akibat Pandemi," ungkap Anandre yang juga menjabat sebagai Manajer Human Capital, dalam Webinar SEVIMA, Selasa (23/11/2021) sore.

Tips Cerdas Dalam Berorganisasi

Lakukan manajemen meeting dengan baik. Dalam sebuah organisasi, kamu akan lebih mudah melakukan sebuah kegiatan dengan meeting management yang bagus. Nah, meeting manajemen ini akan dibagi menjadi dua, yaitu intensitas dan set-up.

Intensitas disini harus diperhatikan terkait dengan rutinitas meeting, pembagian tugas, dan koordinasi.

Baca Juga: Rumahku Bukan Surgaku 15: Takut dengan Kehamilan yang tak Dikehendaki

“Pastikan meeting yang kalian lakukan tepat sasaran. Pahami goalsnya dan siapa yang perlu ikut. Ada beberapa hal yang lebih baik dikoordinasikan secara personal daripada dalam group ataupun pertemuan langsung. Terlebih di masa pandemi, sebisa mungkin pertemuan tatap muka hanya untuk aktivitas yang urgen, dan jangan lupakan protokol kesehatan” terang Anandre.

Halaman:

Editor: Swasto Dayanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X