• Jumat, 22 Oktober 2021

Hasil Penelitian Ilmiah yang Terpublikasi Bermanfaat Bagi Perkembangan Ilmu Pengetahuan

- Kamis, 14 Oktober 2021 | 09:15 WIB
Dr Puji Lestari saat bedah buku Metode Penelitian Komunikasi (Kuantitatif, Kualitatif dan Cara Mudah Menulis Artikel pada Jurnal Internasional), Rabu (13/10/2021) secara daring. (Wulan Yanuarwati  )
Dr Puji Lestari saat bedah buku Metode Penelitian Komunikasi (Kuantitatif, Kualitatif dan Cara Mudah Menulis Artikel pada Jurnal Internasional), Rabu (13/10/2021) secara daring. (Wulan Yanuarwati )

JOGJA, harianmerapi.com - Hasil penelitian ilmiah yang dipublikasikan menjadi buku akan bermanfaat bagi khalayak.

Hasil penelitian akan sangat disayangkan apabila hanya ditumpuk di perpustakaan dan terlupakan begitu saja tanpa ada sumbangsih untuk perkembangan ilmu pengetahuan.

Hal ini diungkapkan Dosen Program Studi Magister Ilmu Komunikasi UPN "Veteran" Yogyakarta (UPNVY) sekaligus Dewan Pakar ASPIKOM, Dr Puji Lestari saat launching bukunya, Rabu (13/10/2021) secara daring.

Baca Juga: Ratusan Buku Nikah di Gunungkidul Dicuri, Dijual ke Agen Kawin Kontrak di Jawa Barat, 2 Pelaku Ditangkap

"Fenomena bahwa apa gunanya sih penelitian kalau tidak dipublikasikan begitu ya. Kalau jaman dulu penelitian hanya ditumpuk di perpustakaan gitu, nah sekarang kita harus memberikan publikasi dari hasil penelitian," ujarnya.

Puji menerbitkan buku berjudul "Metode Penelitian Komunikasi (Kuantitatif, Kualitatif dan Cara Mudah Menulis Artikel pada Jurnal Internasional)" dan berkolaborasi bersama guru besar Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Prof. Dr. Sugiyono.

"Penelitian bagus kalau tidak dipublikasikan di jurnal ilmiah itu akan sia-sia," tegasnya.

Dalam mengembangkan ilmu pengetahuan, Puji menyebut tidak sebatas penelitian semata namun pentinya publikasi dari hasil penelitian tersebut.

Baca Juga: Jepang Catat Kasus Tertinggi Bunuh Diri Anak Sejak Tahun 1974

Halaman:

Editor: Sutriono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Musyawarah Tingkatkan Kualitas Prodi Teknik Mesin

Selasa, 12 Oktober 2021 | 17:20 WIB
X