• Rabu, 8 Desember 2021

Siap-siap, Ahli dan Tenaga Bidang Nuklir Bakal Dibutuhkan di Masa Datang

- Rabu, 13 Oktober 2021 | 16:54 WIB
Pelaksana Tugas Kepala Organisasi Riset Tenaga Nuklir Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Agus Sumaryanto, Rabu (13/10/2021) usai mewisuda mahasiswa Sekolah Tinggi Teknologi Nuklir (STTN) Jogja.  (Foto: Wulan Yanuarwati)
Pelaksana Tugas Kepala Organisasi Riset Tenaga Nuklir Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Agus Sumaryanto, Rabu (13/10/2021) usai mewisuda mahasiswa Sekolah Tinggi Teknologi Nuklir (STTN) Jogja. (Foto: Wulan Yanuarwati)

JOGJA, harianmerapi.com - Para ahli dan tenaga bidang nuklir diprediksi akan semakin dibutuhkan di Indonesia pada dua dekade mendatang.

Pasalnya, negara-negara di dunia telah berkomitmen terhadap pengurangan emisi karbon dengan penggunaan energi baru terbarukan, tak terkecuali Indonesia.

Bahan bakar fosil akan ditinggalkan dan Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) akan digenjot.

“Penggunaan energi baru terbarukan, termasuk Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PTN) adalah suatu keniscayaan yang bakal dimulai pada 2040 nanti,” ujar Pelaksana Tugas Kepala Organisasi Riset Tenaga Nuklir Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Agus Sumaryanto, Rabu (13/10/2021).

Baca Juga: STTN Jogja Mewisuda 66 Sarjana Teknik Terapan Nuklir yang Siap Kerja

Di sisi lain, dia menyebut industri nuklir akan berkembang pesat tidak terbatas pada PLTN namun akan digunakan di pelbagai sektor seperti kesehatan dan pertanian.

Oleh sebab itu sangat penting menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) bidang nuklir yang akan memenuhi kebutuhan tersebut.

"Di saat itu akan lebih banyak alummi seperti STTN yang diperlukan karena untuk mengoperasikan instalasi. Lebih banyak mengoperasikan perangkat nuklir," jelasnya.

"Tidak hanya itu, perangkat nuklir di industri lain seperti kesehatan dan pertanian menggunakan teknologi nuklir. Industri nuklir akan besar," tambahnya usai mewisuda mahasiswa Sekolah Tinggi Teknologi Nuklir (STTN) Jogja.

Baca Juga: Lesti Kejora Ngidam Aneh Lagi, Begini yang Dilakukan Rizky Billar

Halaman:

Editor: Husein Effendi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Inovasi Kopi Mahasiswa UMY Raih Juara KMI Expo 2021

Rabu, 24 November 2021 | 11:20 WIB
X