• Rabu, 8 Desember 2021

Rektor USU Menilai Pemilu Serentak Meningkatkan Partisipasi Masyarakat, Masih Perlu Diuji

- Sabtu, 9 Oktober 2021 | 07:06 WIB
Rektor Universitas Sumatera Utara (USU) Dr Muryanto Amin.  (ANTARA/HO)
Rektor Universitas Sumatera Utara (USU) Dr Muryanto Amin. (ANTARA/HO)

MEDAN, harianmerapi.com - Rektor Universitas Sumatera Utara (USU) Dr Muryanto Amin menilai penyelenggaraan pemilu secara serentak terbukti meningkatkan partisipasi masyarakat.
Namun fenomena seperti ini masih perlu diuji apakah karena kerasnya kompetisi atau hal lain.

"Ini perlu diuji apakah partisipasi ini karena kerasnya kompetisi ketimbang alasan ideologis atas ide dan gagasan. Hal ini akan berpengaruh terhadap kualitas pilihan," ujarnya, dalam keterangan tertulis, Jumat (8/10/2021) malam.

Baca Juga: Kemenag Intensif Bahas Skema Penyelenggaraan Umroh, Jemaah Indonesia Menunggu Diberangkatkan

Hal itu dikatakan Rektor USU, saat menjadi pembicara dalam Webinar Nasional bertema "Sinergitas Penyelenggaraan Pemilu dengan Pemangku Kepentingan dalam Menyukseskan Pemilu Serentak Tahun 2024" di Medan, Kamis (7/10).

Ia menyebutkan, selain itu, perlu diuji apakah benar Pemilu serentak ini bisa mengurangi political fatigue, karena kelelahan politik justru terjadi karena kompetisi Pemilu yang sangat keras.

Pemilih sering disuguhi isu kebencian ketimbang ide dan gagasan, sehingga terpecah menjadi dua kubu yang bersaing.

Baca Juga: 1 Kg Sabu-sabu Disita Polres Karimun, 18 Orang Ditangkap

Muryanto juga menilai bahwa Pemilu serentak, program calon presiden jauh lebih banyak menyita perhatian publik dan media konvensional maupun media sosial ketimbang calon anggota legislatif.

Hasil riset mengenai Pemilu serentak 2019 menyebutkan, Pemilu dianggap lebih efisien jika dilaksanakan serentak tidak sepenuhnya berjalan sesuai dengan perkiraan awal. Dari sisi waktu, terlihat proses perhitungan yang memerlukan perpanjangan waktu. Sedangkan dari sisi biaya anggaran yang dikeluarkan ternyata lebih besar 2,07 kali dibandingkan Pemilu 2014.

Halaman:

Editor: Hudono

Sumber: Antara

Tags

Terkini

Inovasi Kopi Mahasiswa UMY Raih Juara KMI Expo 2021

Rabu, 24 November 2021 | 11:20 WIB
X