SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta Merintis Jadi Sekolah Unggulan Berbasis Riset

YOGYA (MERAPI) – Guru memiliki peran sentral dalam mengembangkan potensinya untuk dapat mendukung berbagai perkembangan anak seperti perkembangan kognitif, perkembangan sosial dan kepribadian siswa. Untuk mencapai tujuan tersebut guru harus melakukan berbagai penelitian dan pengembangan agar proses pembelajaran semakin bermakna dan berkualitas. Atas dasar tersebut, SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta menyelenggarakan kegiatan Penyegaran Penulisan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Selasa (1/12), secara daring melalui zoom. Kegiatan ini diikuti seluruh guru dan tenaga kependidikan SMA Muh 1 Yogyakarta sejumlah 130 orang dengan pemateri Guru Besar UNY Ibu Prof. Dra. Hj. Suwarsih Madya, M.A., Ph.D.

Fitri Sari Sukmawati, M.Pd selaku kepala SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta dalam sambutannya mengatakan bahwa sekolah ini akan dirintis menjadi sekolah riset dan saat ini
telah membuat tim Pengembangan dan Penelitian (LPP Muhi). Seluruh bapak ibu guru dan tenaga kependidikan diharapkan setiap tahunnya melakukan penelitian tindakan kelas maupun penelitian lain sesuai keahlian dan bidang tugasnya masing-masing.

“Saat ini siswa kelas XI juga diwajibkan untuk melakukan penelitian sesuai minatnya dengan didampingi secara daring oleh para guru. Nantinya seluruh hasil penelitian para siswa dan guru karyawan akan kami kumpulkan untuk dimintakan ISBN dan karya terbaik akan dipublikasikan di jurnal nasional maupun internasional” paparnya.

Prof. Dra. Hj. Suwarsih Madya, M.A., Ph.D. dalam pemaparannya mendorong para guru karyawan untuk rajin melakukan penelitian tindakan kelas yang didasari atas kesadaran adanya kekurangan dalam proses pembelajaran. Penelitian merupakan sarana bagi para guru untuk melakukan refleksi, melakukan inovasi dan menanamkan karakter yang kuat dalam setiap proses pembelajaran. Jika seorang guru selalu melakukan refleksi dan melakukan inovasi dalam proses pembelajaran maka akan tercipta pembelajaran yang bermakna, efektif, berkualitas dan dapat memberikan bekal kecakapan hidup untuk menghantarkan para siswa meraih cita-citanya.

“Semoga dengan penelitian ini kita dapat menumbuhkan kepribadian Islam secara utuh melalui latihan kejiwaan, kecerdasan, penalaran, perasaan dan indera untuk menggapai kesuksesan di dunia dan akherat. Aamiin,” pungkas Prof. Dra. Hj. Suwarsih Madya, M.A., Ph.D. (*)

Read previous post:
Olivia Burton Hadirkan Koleksi Terbaru Ice Queen Collection

JAKARTA (MERAPI) - PT Kami Gawi Berjaya, distributor resmi Olivia Burton di Indonesia menghadirkan koleksi terbaru Olivia Burton Ice Queen

Close