Teknik Elektro UMY Raih Akreditasi A

KASIHAN (MERAPI) – Program Studi Teknik Elektro Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (Prodi TE UMY) berhasil mendapatkan akreditasi A. Keputusan ini dikeluarkan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) melalui Surat Keputusan (SK) BAN-PT No. 4562/SK/BAN-PT/Akred/S/VIII/2020, Selasa (11/08) lalu.

Menurut Ketua Prodi Teknik Elektro UMY, Dr Ir Ramadoni Syahputra ST MT, ada tiga komponen yang dinilai dalam akreditasi tersebut, yaitu borang akreditasi prodi (buku 3A), borang akreditasi fakultas (buku 3B), dan evaluasi diri prodi. Dari ketiga komponen tersebut, bobot tertinggi adalah penilaian pada borang akreditasi prodi yaitu sebesar 75 persen, sedangkan 25 persen lainnya dari penilaian borang akreditasi fakultas dan evaluasi diri prodi.

“Adapun komponen penilaian tersebut, ada tujuh aspek yang dipertimbangkan, yaitu visi, misi, tujuan, sasaran, serta strategi pencapaian; tata pamong dan kepemimpinan; sistem pengelolaan dan penjaminan mutu; kemahasiswaan dan lulusan; sumber daya manusia, kurikulum, pembelajaran dan suasana akademik; pembiayaan, prasarana, sarana, dan sistem informasi; serta penelitian, pelayanan/pengabdian kepada masyarakat, dan kerjasama,” jelasnya.

Ditambahkan, salah satu kriteria penilaian cukup penting, yakni kemahasiswaan dan lulusan. Artinya, mahasiswa dan dosen memiliki peran yang penting dalam pelaksanaan akreditasi. Pasalnya, penilaian akreditasi prodi ini dilakukan secara komprehensif yang meliputi kegiatan dan prestasi Tri Dharma Perguruan Tinggi oleh dosen serta kegiatan dan prestasi mahasiswa selama tiga tahun terakhir. Dosen, tenaga kependidikan, mahasiswa, dan alumni seluruhnya berperan aktif dalam menyukseskan akreditasi prodi ini.
“Alhamdulillah, berkat rahmat Allah SWT yang didukung keinginan luhur civitas akademika prodi melalui kebersamaan dan kerja keras, akhirnya Teknik Elektro UMY meraih akreditasi A,” ungkapnya.

Setelah mendapatkan akreditasi A, lanjut Ramadoni, prodi Teknik Elektro UMY berkomitmen untuk selalu memperbaiki diri guna meningkatkan kualitas prodi secara berkesinambungan. Hal ini sesuai dengan visi prodi TE UMY, yakni meraih rekognisi internasional melalui akreditasi internasional. Prodi TE UMY memiliki target bahwa pada 2025 sudah terakreditasi internasional. “Capaian Akreditasi A ini bukanlah akhir, tetapi awal dari mimpi kami untuk berkiprah lebih luas lagi menghadapi tantangan global persaingan di dunia pendidikan tinggi khususnya bidang teknik elektro yang sangat kompetitif dan perkembangan sangat pesat,” tandas Ramadoni.(Yan)

Read previous post:
UGM Umumkan 2.518 Calon Mahasiswa Baru Jalur SBMPTN 2020

DEPOK (MERAPI) - Universitas Gadjah Mada (UGM) menerima 2.518 calon mahasiswa baru program sarjana melalui jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan

Close