PENGENALAN KEHIDUPAN UMBY-Mahasiswa Harus Bermanfaat

SEBAGAI mahasiswa maupun generasi milenial yang ideal sudah sepantasnya untuk banyak berprestasi. Termasuk juga berkiprah di berbagai kegiatan serta memberi banyak manfaat. Dengan mengikuti unit kegiatan mahasiswa atau UKM dapat juga sebagai sarana berkiprah, bermanfaat dan menggapai prestasi.

Hal ini ditegaskan Rektor Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) Dr Alimatus Sahrah MSi MM saat membuka Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) 2019 di Kampus I UMBY Jalan Wates Bantul, Senin (9/9). Diharapkan pula setiap mahasiswa bisa berusaha menjadi mahasiswa unggul, misalnya berkompetisi sebaik mungkin di berbagai kegiatan, bahkan yang sifatnya internasional.

“Hal seperti ini selaras dengan Visi UMBY, yakni Unggul, Mutu, Bermanfaat dan Bertaraf Internasional pada 2029,” tutur Dr Alimatus.

Ditambahkan, selain di Kampus I atau pusat, pembukaan PKKMB juga dilaksanakan di Kampus 3 UMBY Jalan Ringroad Utara Condongcatur dilakukan Wakil Rektor I UMBY Dr Bayu Kanetro. Adapun jumlah total mahasiswa baru UMBY tahun ini 2.923 mahasiswa. Kegiatan PKKMB dilaksanakan selama empat hari, yaitu tiga hari kegiatan tingkat universitas dan satu hari tingkat fakultas. Pembukaan PKKMB secara simbolis ditandai penyerahan dan pemakaian jas almamater kepada perwakilan mahasiswa baru, lalu diikuti segenap mahasiswa baru.

Pada hari pertama PKKMB juga dilaksanakan kuliah umum bertema Implementasi Bela Negara dan Cinta Tanah Air bagi Mahasiswa. Sebagai pemateri, Serma Iskandar SPSi (Kodim 0734/Yka) di Kampus I dan AKP Arief Darmawan SH (Polda DIY). Menurut Serma Iskandar lima nilai bela negara penting diketahui, yaitu cinta tanah air, sadar berbangsa dan bernegara, yakin Pancasila sebagai ideologi negara, rela berkorban untuk bangsa dan negara serta memiliki kemampuan awal bela negara. (Yan)

Pin It on Pinterest

Read previous post:
P3A Handal, Optimalisasi Air Irigasi Optimal

JAKARTA (HARIAN MERAPI)- Penyediaan air irigasi bagi tanaman padi menjadi salah satu kunci yang mendukung peningkatan produksi pangan. Terjaminnya penyediaan

Close