Pesona Merah Muda Pantai Pink Lombok

Pemandangan dari tepi Pantai Pink Lombok Nusa Tenggara Barat dengan pesona bias pasir merah muda. (MERAPI-TRI DARMIYATI)

SIANG dengan panas terik menyengat tak menyurutkan para wisatawan bermain air laut di tepi Pantai Pink di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Langit cerah dipadu laut biru hijau dan garis cakrawala menambah indah suasana. Hamparan Bukit mengitari di kanan dan kiri pantai. Debur ombak putih menepi di antara pasir dan karang yang terkena bias sinar matahari menghasilkan warna pasir serupa merah muda atau pink. Ya warna merah muda dengan pemandangan pantai cantik itu menjadi pesona Pantai Pink.

Pantai Pink belum sepopuler wisata pantai Gili Terawangan di Lombok Utara maupun Pantai Kuta Mandalika di Lombok Tengah. Tapi di tengah perkembangan media sosial Pantai Pink yang terletak di Dusun Temeak, Desa Serewe, Kecamatan Jerowaru, Lombok Timur, ini mulai naik daun di masyarakat. Namun untuk menikmati pesona merah muda Pantai Pink harus melalui perjalangan yang cukup jauh atau sekitar 82 kilometer arah tenggara Kota Mataram.

Untuk menuju Pantai Pink wisatawan harus menempuh perjalanan sekitar 2 jam dari pusat Kota Mataram. Wisatawan bisa menggunakan jalur darat maupun laut. Namun sebaikanya perjalananan ditempuh melalui jalur laut karena jalur darat kondisinya rusak. “Bisa lewat jalur darat, tapi kondisi jalannya rusak,” ujar pemandu wisata kepada para rombongan dari Yogyakarta, pada Rabu (24/4).

Akhirnya jalur laut ditempuh dari Dermaga Tanjung Luar yang berjarak sekitar 32 km ke Pantai Pink. Perjalanan laut ditempuh kurang lebih 1 jam menggunakan perahu mesin boat. Wisatawan harus memiliki cukup nyali karena penumpang perahu mesin boat itu tidak mengenakan baju pelampung. Namun ombak air laut di perairan Lombok ini tidak sekencang ombak pantai selatan Jawa, sehingga cukup aman. Sebagian perairan laut yang dilewati sesekali dipenuhi sampah.

Perahu mesin menyusuri laut cukup panjang, melewati bagan atau tambak-tambak ikan hingga laut yang dipetak-petak dengan tali sebagai tempat pembudidayaan mutiara. Beberapa bukit juga terlihat selama perjalanan di antaranya Gili Bidara dan Pulau Pasir. Menariknya di tengah laut yang menghubungkan bukit kambing ke daratan itu terdapat tiang-tiang listrik terpancang. Itu karena pada waktu tertentu, laut akan surut dan jalur tiang listrik itu berubah menjadi daratan pasir di tengah laut.

“Saat air laut surut, itu menjadi daratan pasir laut dan kambing-kambing bisa meyebrang ke bukit untuk merumput cari makan. Tapi waktu surutnya tergantung pengaruh bulan,” tutur seorang pemandu perahu saat menyebrangi lautan menuju Pantai Pink.

Di sela perjalanan ke Pantai Pink, para wisatawan juga bisa menikmati pemandangan bawah laut dengan snorkeling atau menyelam di permukaan menggunakan masker selam dan snorkel. Tentu saja pada perairan laut yang tidak terlalu dalam dan bersih kondisinya.

Usai menempuh perjalanan laut satu jam, keindahan Pantai Pink menyambut. Warna merah muda atau pink pada pasir di Pantai Pink terbentuk karena butir-butir warna putih pasir bercampur dengan serpihan karang merah muda. Bias sinar matahari dan terpaan air laut menambah semakin jelas terlihat warna merah muda pantai tersebut. Tapi warna pink pada siang hari kurang jelas. Jika terkena sinar matahari sore atau pagi warna merah muda akan terlihat lebih jelas. Suasana pantai yang tenang dengan ombak yang kecil membuat lebih nyaman bermain air. Mainan ayunan kayu sederhan juga terpasang di tepi pantai. Air lautnya yang jernih mengundang hasrat untuk mandi. Apalagi pada lokasi Pantai Pink dua yang tidak jauh dari Pantai Pink. Pasir yang halus dan air laut bersih menawan untuk mandi dan bermain air pantai.

Keindahan Pantai Pink pun terlihat sempurna dengan hamparan bukit di sekelilingnya. Pada sisi kiri ada bukit dengan padang rumput yang luas. Wisatawan harus mendaki ke melewati jalan setapak berkarang. Dari atas bukit itu pemandangan alam laut lepas Pantai Pink akan terlihat indah.

Suasana yang tenang dan damia yang terasa di Pantai Pink membuat pengunjung rela berlama-lama di pantai yang jauh dari keramaian itu. Kenikmatan semakin sempurna saat menyantap olahan laut seperti ikan bakar, udang dan kepiting bersambal. Apalagi ketika dahaga diobati dengan air kepala muda. Sungguh nikmat Tuhan mana yang kau dustakan. Pemandangan alam laut dan hasil laut Indonesia sungguh nikmat. Maka keindahan alam itu semestinya bisa dijaga kebersihan dan keasliannya. (Tri)

Read previous post:
MERAPI-HUMAS POLSEK SLEMAN Bendungan Mbalong di Desa Trimulyo, Sleman, lokasi kedua bocah tewas tenggelam.
2 Bocah Perempuan Tewas Tenggelam di Bendungan

SLEMAN (MERAPI)- Dua bocah perempuan yang merupakan pelajar SMP dan SD ditemukan meninggal usai mandi di Bendungan Mbalong Desa Trimulyo,

Close