Terminal Giwangan akan Sediakan Tes Antigen Gratis

YOGYA (MERAPI) – Terminal Giwangan Yogyakarta segera menyediakan pemeriksaan Covif-19 untuk penumpang berupa tes usap antigen yang bisa diakses secara gratis mulai pekan depan, bekerja sama dengan PT Jasa Raharja.

“Mulai 18-24 Mei, akan ada rapid test antigen gratis untuk penumpang. Pelaksanaannya masih di masa pengetatan syarat perjalanan usai pemberlakuan larangan mudik yang berakhir 17 Mei,” kata Koordinator Satuan Pelayanan Terminal Giwangan Yogyakarta Bekti Zunanta di Yogyakarta, Jumat (14/5).

Menurut dia, layanan tes cepat antigen gratis di Terminal Giwangan tersebut tidak hanya akan ditujukan kepada calon penumpang yang berangkat tetapi juga bisa diberikan kepada penumpang yang turun di terminal kelas II A itu.

Pemeriksaan, lanjut dia, cenderung dilakukan secara acak kepada penumpang atau calon penumpang yang ditengarai dalam kondisi kurang sehat, seperti menunjukkan suhu tubuh yang tinggi atau lebih dari 37,5 derajat Celcius.

“Jika saat pemeriksaan suhu diketahui ada penumpang yang demam, maka akan diarahkan untuk melakukan rapid test antigen,” katanya dikutip Antara.

Bekti menambahkan, akan ada sekitar 400 kit tes antigen gratis yang disiapkan untuk melayani kebutuhan pemenuhan syarat perjalanan bagi penumpang di Terminal Giwangan Yogyakarta.

“Jika dari hasil pemeriksaan diketahui penumpang menunjukkan hasil positif, maka penumpang akan ditempatkan di ruang isolasi sementara yang disediakan di terminal,” katanya.

Paramedis yang bertugas kemudian berkoordinasi dengan Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Yogyakarta untuk penanganan berikutnya.

Selain tes usap antigen, Terminal Giwangan Yogyakarta juga sudah dilengkapi dengan pemeriksaan GeNose. Layanan tersebut dibuka setiap pukul 09.00 WIB hingga 11.00 WIB.

Bekti berharap layanan pemeriksaan Covid-19 tersebut meningkatkan keamanan dan kenyamanan penumpang dalam perjalanan menggunakan moda transportasi darat tersebut.

Selama masa pengetatan perjalanan maupun saat larangan mudik Lebaran, Terminal Giwangan Yogyakarta masih melayani perjalanan bus jarak jauh yang sudah dilengkapi dengan stiker khusus. (*)

Read previous post:
SEPAK TERJANG NYIMAS GAMPARAN (3) – Menyerang untuk Menghancurkan Program Cultuurstelsel

Beberapa daerah yang menjadi target penyerangan yaitu di wilayah Jasinga, Cikande, dan Balaraja. Untuk mensukseskan stretegi perang gerilya Nyimas Gamparan

Close