Babinsa Serda Sumali Bagikan Bingkisan Lebaran

MERAPI-ZAINURI ARIFIN
Serda Sumali memberikan bingkisan kepada warga

YOGYA (MERAPI) – Sosok Babinsa memiliki tugas dan tanggungawab yang besar terkait dengan upaya dalam mewujudkan situasi kondusif masyarakat di wilayah. Kehadiran Babinsa tentu sangat dibutuhkan mengingat fungsinya mampu dan dapat menciptakan iklim wilayah yang aman dan kondusif.

Sehingga, dalam realisasi menjalankan tugas pokok serta fungsinya, Babinsa harus mampu mengimplementasikan perannya secara baik ditengah kehidupan bermasyarakat. Babinsa dituntut pula dapat berkomunikasi dengan baik dengan warga di wilayah tugas pengabdianya. Tak heran, komunikasi sosial (Komsos) menjadi sarana utama yang mesti dijalankan.

Hal inilah yang disadari dan selalu diterapkan oleh Babinsa Koramil 04/Danurejan Kodim 0734 Yogyakarta, Sersan Dua (Serda ) Sumali. Menurutnya, dirinya selalu mengedepankan pendekatan secara persuasif kepada seluruh masyarakat di wilayahnya yang menjadi bagian dari komponen anak bangsa untuk bersama-sama meningkatkan semangat rasa memiliki dan cinta tanah air.

Tak pelak, pendekatannya yang dinilai cukup baik dan mampu berbaur ditengah masyarakat, kehadirannyapun disambut baik oleh masyarakat. Hal itu otomatis telah meringankan beban tugas pokoknya sebagai ujung tombak TNI AD. Keberhasilannya dalam melaksanakan Tupoksi seorang Babinsa tak dipungkiri oleh Serda Sumali karena dukungan dan semangat kebersamaan antara dirinya dan warga, yang menjadi modal Kemanunggalan TNI-Rakyat.

“Jujur harus saya akui, pengabdian saya sebagai Babinsa dalam memberikan pengabdian kepada bangsa, Negara dan masyarakat tidak dapat berjalan tanpa mendapat dukungan masyarakat. Saya sudah cukup senang saat kehadiaran saya diterima dan disambut baik. Dengan begitu saya mampu hidup berdampingan dengan warga, bahkan bisa mengetahui setiap permasalahan yang dihadapi oleh warga, untuk kemudian memberikan bantuan maupun solusi,” terang Serda Sumali.

Dan sebagai wujud apresianya kepada masyarakat itu pulalah, di bulan yang baik ini, yaitu bulan suci Ramadan, Serda Sumali ingin turut meringankan beban masyarakat yang terdampak pandemi covid-19 dengan memberikan bingkisan lebaran. Bersama isterinya ia memberikan bantuan bingkisan lebaran paket sembako kepada 50 warga di sekitar rumah tinggalnya, di Kepek RT 06 Timbulharjo, Sewon, Bantul, Senin (10/5).

“Ini hanya tanda tresna (cinta kasih) dari saya beserta keluarga berupa bingkisan lebaran. Jangan dilihat materi atau isinya. Mudah-mudahan dapat diterima sebagai tali asih. Bingkisan lebaran dari kami sekeluarga juga sebagai wujud dan upaya mendekatkan diri kepada seluruh masyarakat yang terus saya gelorakan,” tandas Serda Sumali. (Fin)

Read previous post:
ASAL MULA PADI, CERITA RAKYAT KALIMANTAN TENGAH (3-HABIS) – Di Bekas Jasadnya Tumbuh Tanaman dengan Buah Berbulir-bulir

Berkali-kali Puteri Liung mengajak kedua orang tuanya agar merelakan saja perrnintaan itu. Dalam keadaan yang begitu membingungkan orang ramai, tiba-tiba

Close