Satgas Tingkat RT Harus Dioptimalkan

YOGYA (HARIAN MERAPI) – Pemerintah kembali memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) mikro tahap 7 mulai 4-17 Mei 2021. Kepala Satpol PP DIY, Noviar Rahmad menegaskan salah satu hasil evaluasi PPKM yang menjadi perhatian penting ialah pembentukan satgas penanganan Covid-29 di tingkat Rukun Tetangga (RT) yang belum maksimal.

“Hasil evaluasi kita belum semua RT di wilayah DIY membentuk satgas Covid-19. Baru 60 persen, masih banyak yang belum,” tegasnya, Selasa (4/5).

Atas dasar itu, Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 DIY, dalam hal ini KGPAA Sri Paduka Paku Alam X meneken surat yang memerintahkan agar optimalisasi satgas tingkat RT/RW segera dilakukan. “Pembentukan satgas di tingkat RT masih belum maksimal, kemarin kami sudah membuat surat yang ditandatangani langsung wakil gubernur yang memerintahkan ketua satgas kabupaten/ kota untuk mengitruksikan kepada kapanewu dan lurah untuk mengoptimalkan satgas di tingkat RT,” paparnya.

“Kemudian berikan petunjuk teknis, kedua melakukan rapat koordinasi evaluasi tingkat RT, mengoptimalkan keterlibatan linmas dan jaga warga tingkat RT,” imbuhnya.

Sekda DIY, Baskara Aji mengatakan mekanisme PPKM masih sama dengan sebelumnya, termasuk aturan larangan mudik.

“PPKM kita perpanjang 2 minggu lagi, isinya hampir sama kayak kemarin termaauk di dalamnya larangan mudik, yang berbeda menuruy inmendragi (instruksi dalam negeri), jumlah provinsi yang menerapkan PPKM bertambah menjadi 30,” ujarnya di Kompleks Kepatihan.

Aji menyebut aturan masih sama termasuk pembatasan jam operasional usaha dan yang digarisbawahi terkait optimalisasi satuan tugas (satgas) penanganan Covid-19 di kabupaten/kota.

“Pak Gubernur sudah minta satgas di kabupaten/kota untuk lebih meningkatkan penanganan terhadap daerah-daerah dengan cara mengefektifkan tugas-tugas yang harus dilakukan satgas di tingkat desa dan RT RW,” jelasnya. (C-4)

 

Read previous post:
Bikin Mercon Jumbo, Pelajar SMP Diamankan Polisi

Close