Mendarat di YIA, Pesawat Kargo Volga Dnepr Angkut Komoditi Ekspor

YOGYA (HARIAN MERAPI) – Setelah pesawat Antonov, kali ini giliran pesawat kargo asal Rusia, Volga Dnepr AN 124-100 yang mendarat di Yogyakarta International Airport (YIA). Bertolak dari Bandara Chennai, India, pesawat ini tiba di YIA, Minggu (4/4) pukul 06.45 WIB.

Kegiatan ekspor ini menyumbang devisa negara hingga USD 834.035,04 atau senilai sekitar Rp 12 miliar.

Kepala Kantor Bea Cukai Yogyakarta, Hengky Aritonang mengatakan Bea Cukai Yogyakarta turut berperan dalam kegiatan tersebut dengan cara melakukan plane zoeking hingga pengawasan pemuatan barang ke sarana pengangkut.

“Volga Dnepr merupakan charter flight keempat yang digunakan dalam kegiatan ekspor melalui YIA,” ungkapnya.

Hengky menyebut, pesawat asal Rusia ini membawa komoditi berupa 217 px automotive wiring harness yang akan diekspor ke Amerika Serikat. “Seperti ekspor charter flight direct sebelumnya, pesawat kargo ini akan terbang dengan rute Yogyakarta-Hanoi-Amerika,” imbuhnya.

Sejumlah 46 ton automotive wiring harness tersebut berasal dari dua perusahaan yang mendapatkan fasilitas kawasan berikat, yakni PT Semarang Autocomp Manufacturing Indonesia dan PT Jatim Autocomp Indonesia. Dengan fasilitas kawasan berikat, perusahaan mendapat fasilitas perpajakan dan kepabeanan yang dapat mempermudah kegiatan ekspor-impor barang.

Kelancaran ekspor keempat menggunakan charter flight dari YIA ini merupakan hasil dari sinergi yang baik antara Bea Cukai Yogyakarta, PT Kokapura Avia selaku ground handling atau agen pengangkut, Angkasa Pura I YIA, agensi penerbangan serta perusahaan stakeholder terkait. (C-4)

 

Read previous post:
Mudik Lebaran Dilarang, Kota Yogya Gerakkan Wisatawan Lokal

Close