Dukung Kinerja Wartawan, Pemkot Yogya Fasilitasi Internet Publik Gratis di Kantor PWI DIY

YOGYA (HARIAN MERAPI) – Pemerintah Kota Yogyakarta meluncurkan layanan internet atau wifi publik di Kantor Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) DIY. Keberadaan internet publik itu diharapkan dapat membantu kinerja wartawan dalam membuat dan menyampaikan berita ke masyarakat.

Menurut Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi keberadaan internet publik gratis penting bagi masyarakat untuk mengakses informasi secara cepat. Termasuk bagi wartawan untuk mendukung kinerja membuat berita dan menginformasikannya ke masyarakat.

“Layanan internet free wifi ini semoga bisa membantu. Ini juga bagian dari edukasi masyarakat,” kata Heroe saat peluncuran fasilitas internet publik di Kantor PWI DIY Jalan Gambiran, Umbulharjo Yogyakarta, Selasa (30/3).

Pihaknya menegaskan pentingnya peran media massa dan para wartawan untuk mengedukasi masyarakat dengan menyajikan berita-berita bermutu dan dapat dipertanggungjawabkan. Mengingat pada era kecepatan informasi, terkadang tingkat akurasi informasi menjadi nomor sekian.

“Saat ini eranya kecepatan. Tingkat akurasi nomor sekian. Makanya harus cek fakta kebenarannya,” ujarnya.

Heroe juga mendorong PWI DIY untuk memanfaatkan teknologi informasi yang semakin berkembang, misalnya media berbasis video atau audio digital. Pihaknya berharap PWI DIY juga bisa mengembangkan semacam podcast. “HP (handphone) sekarang tidak sekadar HP. Tapi sudah jadi seperti televisi. Jadi kesempatan ketika informasi semakin berkambang untuk dimanfaatkan,” tambah Heroe.

Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian (Diskominfosan) Kota Yogyakarta Tri Hastono mengatakan Pemkot Yogyakarta terus memperbanyak layanan internet wifi publik untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Setidaknya sudah ada 356 titik lokasi wifi publik yang tersebar di antaranya di balai RW, gedung serbaguna, ruang terbuka hijau publik, pendopo publik, pos ronda dan tempat-tempat ibadah.

“Semua layanan publik dilengkapi dengan wifi publik seperti kantor kelurahan hingga kampung-kampung. Targetnya satu RW satu wifi publik,” imbuh Tri Hastono.

Ketua PWI DIY, Hudono menyambut baik fasilitas internet publik dari Pemkot Yogyakarta. Keberadaan fasilitas tersebut dapat membantu wartawan dalam menyampaikan informasi ke masyarakat. Peluncuran layanan internet publik tersebut menjadi momentum memperkuat sinergi PWI DIY dan Pemkot Yogyakarta. (Tri)

Read previous post:
Berduaan di Hotel, Oknum Polwan Digerebek Suami

PATI (MERAPI) - Warga Pati dihebohkan munculnya sebuah video yang menayangkan oknum polisi wanita digerebek suaminya. Polwan ARP, berpangkat Bripka

Close