Mall Tangguh Dukung Pemulihan Ekonomi Masyarakat

MERAPI -TRI DARMIYATI
Pemukulan kenthongan menandai peluncuran Mall Tangguh Covid-19 di Galeria Mall Yogyakarta

GONDOKUSUMAN (MERAPI) – Polresta Yogyakarta meluncurkan pusat perbelanjaan atau Mall Tangguh Covid-19 di Galeria Mall Yogyakarta, Rabu (24/2). Keberadaan Mall Tangguh Covid-19 yang mengedepankan protokol kesehatan diharapkan bisa mencegah sebaran virus dan mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat.

Kapolresta Yogyakarta Kombes Pol Purwadi Wahyu Anggoro mengatakan, ada beberapa kriteria terkait Mall Tangguh Covid-19. Salah satunya mengedepankan penerapan protokol kesehatan di mal untuk mencegah sebaran Covid-19. Sarana pendukung juga dinilai lengkap seperti sistem barcode terhubung kamera CCTV untuk mendata pengunjung, sehingga memudahkan pelacakan jika terjadi kasus Covid-19.

“Galeria Mall kami lihat paling awal menjalankan protokol kesehatan. Ada juga sarana pendukung sistem barcode yang terhubung dengan kamera CCTV, sehingga kalau ada kasus pengunjung yang positif, semakin gampang untuk proses tracing,” kata Kombes Pol Purwadi.

Ia menyatakan, keberadaan Mall Tangguh melengkapi program sebelumnya yang telah diluncurkan yakni Kampung Tangguh, Kampus Tangguh dan Transportasi Tangguh. Selain memberikan keamanan dan mencegah sebaran Covid-19, keberadaan Mal Tangguh Covid-19 diharapkan bisa mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat.

“Tujuannya memberikan pelayanan masyarakat bisa memenuhi kebutuhan dan beraktivitas dalam kondisi aman. Berupaya bersama mengembalikan perekonomian masyarakat,” tambahnya.

Sementara itu Ketua Harian Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi berharap keberadaan Mall Tangguh Covid-19 bisa memperkuat dalam mencegah sebaran Covid-19 di Kota Yogyakarta. Terutama dalam masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berbasis mikro.

“Mall Tangguh bagian dari mengantisipasi agar proses kita semua mengatasi Covid-19 betul-betul dilakukan dari seluruh lini, wilayah dan sektor menjalankan protokol kesehatan dengan baik. Ini menjadi bagian kita semua untuk mengisolasi virus agar tidak bisa berkembang atau berpindah,” kata Wakil Walikota Yogyakarta itu.

Menurutnya saat kesadaran masyarakat terhadap protokol kesehatan tinggi maka bisa beraktivitas dengan aman. Dampaknya juga pada aktivitas transaksi-transaksi di pusat bisnis dan perdagangan akan berjalan. Dengan Mal Tangguh diikuti aktivitas protokol kesehatan, lanjutnya akan tetap menjaga kesehatan sekaligus mendorong pertumbuhan ekonomi.

Sedangkan General Manager Galeria Mall, Djoko Tjatur mengakui mal sempat tutup di awal pandemi tapi pada April 2020 kembali buka dengan menerapkan protokol kesehatan. Pihaknya melakukan evaluasi baik dari sisi gedung dan kekuatan sumber daya manusia.

“Hal yang kami lakukan adalah mengadopsi pemerintah pusat dan daerah dengan membentuk Satgas Covid-19. Kami menjalankan protokol kesehatan untuk bisa meraih kepercayaan masyarakat bahwa mal bisa menjadi tempat yang aman dan nyaman,” urai Djoko. (Tri)

Read previous post:
KLINIK ‘SEMBADA BERSINAR’ BERI PELAYANAN GRATIS- Merehabilitasi Pecandu Narkoba Ringan-Berat

SLEMAN (MERAPI)- Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Sleman saat ini sedang merehabilitasi dua orang pengguna narkotika. Keduanya merupakan penyalahguna narkotika

Close