Internet Publik Gratis di 356 Lokasi Yogya Aman untuk Anak-anak

YOGYA (HARIAN MERAPI) – Layanan internet publik secara gratis untuk masyarakat di Kota Yogyakarta terus ditambah setiap tahun. Sampai kini layanan internet publik gratis tersedia di 356 titik yang tersebar di seluruh wilayah Kota Yogyakarta yang telah disaring sehingga aman digunakan untuk anak-anak.

“Kami terus memperbanyak layanan internet wifi publik untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Terutama di masa pandemi Covid-19 banyak warga yang membutuhkan seperti untuk belajar daring anak-anak sekolah,” kata Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian (Diskominfosan) Kota Yogyakarta, Tri Hastono, Rabu (3/2).

Sebanyak 356 titik lokasi wifi publik itu tersebar di tempat-tempat publik di antaranya berada di balai RW, gedung serbaguna, ruang terbuka hijau publik, pendopo publik, pos ronda, pos kampung ramah anak, posyandu, fasilitas umum RW, balai kesenian, balai pertemuan, pos kegiatan sosial masyarakat, rumah belajar warga, rumah data Kampung KB dan gedung PKK tingkat RW. Termasuk di tempat-tempat ibadah seperti masjid, musala, gereja dan vihara.

“Kami perluas layanan wifi publik hingga RW sesuai permintaan warga. Harapannya internet ini juga bisa mendukung peningkatan ekonomi masyarakat di era pemasaran digital. Misalnya untuk mendukung pemasaran produk UMKM lewat media sosial yang membutuhkan internet,” terangnya.

Selain itu keberadaan wifi publik gratis untuk mempermudah masyarakat mengakses berbagai layanan publik dari Pemkot Yogyakarta. Dia menyampaikan pelayanan publik Pemkot Yogyakarta sebagian besar sudah bisa diakses secara daring melalui aplikasi Jogja Smart Service (JSS). Terutama di masa pandemi Covid-19, layanan publik secara online atau daring menjadi solusi untuk mengurangi tatap muka.

Penyediaan wifi publik gratis itu juga untuk mendukung Kota Yogyakarta menjadi <I>smart city<P>. Dia menyatakan dalam layanan wifi publik, tidak hanya memperhatikan dari keterjangkauan area, tapi juga kualitas jaringan.

“Semua koneksi internet sudah menjangkau sudut Kota Yogya yang wilayahnya tidak terlalu luas. Layanan wifi publik juga sudah disaring sehingga aman digunakan untuk anak-anak,” papar Tri Hastono.

Sebelumnya Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi mengatakan, menargetkan seluruh RW di Kota Yogyakarta terhubung dengan wifi publik pada tahun 2021. Menurutnya dengan meningkatkan akses internet publik ke tingkat RW bisa membangun potensi dan kampung.

“Misalnya mempromosikan potensi wisata kampung maupun wisata kuliner masyarakat, sehingga harapannya bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Ini juga salah satu upaya membangun smart society di kampung yang menjadi bagian dari Yogya Smart City,” ujarnya. (Tri)

 

Read previous post:
PENAMBANG PASIR HILANG BELUM KETEMU-Pencarian Dihentikan, Tim SAR Tetap Pantau Muara Kali Opak

Close