Ruang Terbuka Hijau Publik Tak Ditambah Tahun Ini

YOGYA (HARIAN MERAPI) – Pada tahun ini tidak ada penambahan ruang terbuka hijau publik (RTHP) di Kota Yogyakarta. Mengingat tidak ada alokasi anggaran pembangunan RTHP dalam APBD tahun 2021.

“Pada anggaran murni tahun 2021 tidak ada anggaran untuk pembangunan ruang terbuka hijau publik,” kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Yogyakarta Sugeng Darmanto di Yogyakarta, Minggu (24/1).

Pada tahun 2020, DLH Kota Yogyakarta berencana membangun RTHP di dua lokasi yaitu di Kelurahan Rejowinangun dan Purbayan. Tapi rencana itu tidak dapat direalisasikan karena anggaran difokuskan untuk penanganan pandemi Covid-19. Kini Kota Yogyakarta memiliki 49 RTHP yang tersebar di seluruh kecamatan.

“Tapi masih dimungkinkan diusulkan dalam penyusunan perencanaan pembangunan ruang terbuka hijau publik melalui anggaran perubahan,” ujarnya.

Sedangkan pada tahun anggaran 2020, Pemkot Yogyakarta melalui Dinas Pertanahan dan Tata Ruang melakukan pengadaan lahan di 5 lokasi untuk kebutuhan RTHP di antaranya di Kelurahan Sorosutan, Ngampilan, Pakuncen, Prenggan, dan Sosromenduran. Dari pengadaan lahan itu, ia menyampaikan, DLH Kota Yogyakarta menindaklanjutinya dengan menyusun perencanaan pembangunan RTHP.

“Penambahan RTHP didasarkan pada usulan masyarakat dan memperhatikan ketersediaan lahan di wilayah. Pemkot juga melakukan upaya pengadaan lahan untuk pembangunan RTHP,” papar Sugeng.

DLH Kota Yogyakarta mencatat luasan ruang terbuka hijau di Kota Yogyakarta mencapai 23 persen meliputi 15,4 persen ruang terbuka hijau privat dan 8,12 persen untuk ruang terbuka hijau publik. Total luasan ruang terbuka hijau publik di Kota Yogyakarta mencapai 2.636.346 meter persegi atau sekitar 8 persen dari total luas kota.

Dia menuturkan sudah mencoba memasukkan data kampung sayur dan lorong sayur di 104 lokasi untuk menambah ruang terbuka hijau publik. Tapi tambahan tersebut belum signifikan baru sekitar 3,5 hektare.

“Fungsi utama RTHP untuk mendukung pelestarian lingkungan, tapi juga memiliki fungsi tambahan untuk pemenuhan kebutuhan sosial masyarakat. Maka RTHP juga dilengkapi dengan fasilitas seperti gazebo, pendopo, dan wifi publik,” ucapnya. (Tri)

 

Read previous post:
Belum Ada Laporan Efek Samping Berat Vaksinasi Covid-19 di Kota Yogya

Close