Program Belanja Online Pasar Tradisional di Kota Yogya Dilanjutkan

YOGYA (HARIAN MERAPI) – Layanan belanja kebutuhan pokok di pasar-pasar tradisional secara online di Kota Yogyakarta dinilai mendongkrak transaksi. Untuk itu program kerja sama layanan belanja online di pasar tradisional di Kota Yogyakarta tetap dilanjutkan pada tahun 2021.

“Program belanja online selama ini cukup mengungkit transaksi di pasar tradisional. Makanya kami tetap melanjutkan program belanja online di pasar-pasar tradisional,” kata Kepala Bidang Pengembangan Penataan dan Pendapatan Pasar Dinas Perdagangan Kota Yogyakarta, Gunawan Nugroho Utomo, Kamis (21/1/).

Ia menyatakan dalam promo program cashback belanja online produk pasar di Go-Shop aplikasi Gojek selama periode 16 Oktober sampai 31 Desember 2020 transaksi belanja pasar mencapai sekitar Rp 174 juta dengan cashback tidak sampai Rp 20 juta. Tercatat ada kenaikan pesanan 28 persen dan kenaikan omzet sekitar Rp 25 persen selama periode promo berjalan. Saat itu ada program promo cashback atau potongan ongkos kirim senilai Rp 10.000 untuk tiap transaksi belanja pasar tradisional di Kota Yogyakarta di Go-Shop.

Menurutnya dalam program promo cashback belanja pasar tradisional di Go-Shop terus disempurnakan. Misalnya ada program cashback dengan belanja minimal Rp 20.000. Pihaknya sedang memformulasikan sistem penyempurnaan program promo belanja produk pasar tradisional secara online itu. Selama belum bisa dikonsolidasikan, lanjutnya, masih menggunakan sistem yang lama.

“Kami akan optimalkan ke promo belanja di pasar tradisional secara online ada cashbacknya. Itu untuk mendorong kesadaran masyarakat untuk melakukan transaksi online. Kami juga akan terus melakukan edukasi ke pedagang agar semakin PD, semangat di masa pandemi dan transaksi lebih ramai,” terangnya.

Dijelaskan, selama promo cashback belanja online di pasar tradisional produk yang banyak dibeli masyarakat adalah sembako, bumbu dapur, makanan tradisional, bunga tabur dan daun pisang. Sedangkan pasar tradisional yang banyak diakses melalui belanja online Go-Shop yakni Pasar Kranggan, Pasar Pathuk, Pasar Demangan, Pasar Beringharjo dan Pasar Giwangan.

Sementara itu Humas Paguyuban Pedagang Ayem Tentrem di Pasar Beringharjo Timur Ida Chabibah menyambut baik keberlanjutan program belanja online di pasar tradisional lewat Go-shop. Dia mengaku selama ini dengan program itu dipermudah dalam penjualan produk pasar secara online di masa pandemi Covid-19. Menurutnya, ada sekitar 7 sampai 10 pembelian secara online, meskipun tidak setiap hari.

“Secara pribadi saya, itu membantu jual beli. Tapi bagi pedagang yang belum punya HP android itu kasihan. Terutama pedagang yang sudah sepuh-sepuh. Sekarang banyak pelanggan saya yang pesan sayur mayur belanja lewat WA lalu transfer dan dikirim pakai Go-Send,” ucap Ida. (Tri)

Read previous post:
SULTAN HB X MERESPONS PEMECATAN PRABUKUSUMO-Diganti karena Tak Aktif di Kraton Meski Digaji

Close