Kunjungan Perpustakaan Yogya Dibatasi Selama PTKM

YOGYA (HARIAN MERAPI) – Tak hanya operasional usaha, layanan Perpustakaan Kota Yogyakarta juga dibatasi selama kebijakan Pembatasan Secara Terbatas Kegiatan Masyarakat (PTKM) hingga 25 Januari 2021. Jam layanan harian dikurangi dan pada akhir pekan layanan perpustakaan tutup.

Kepala Bidang Pengelolaan Perpustakaan dan Pengembangan Gemar Membaca Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta, Nunun Zulaikha mengatakan, sebelum kebijakan PTKM berlaku, layanan Perpustakaan Kota Yogyakarta di Kotabaru dan Perpustakaan Alternatif Wilayah Selatan (Pevita) Yogyakarta dibuka tiap hari pukul 09.00-18.00 WIB. Selama PTKM jam layanan kedua perpustakaan menjadi pukul 09.00 WIB sampai 15.00 WIB.

“Jam pelayanan Perpustakaan Kota Yogyakarta dan Pevita selama PTKM dipersingkat. Pada pada hari Sabtu dan Minggu layanan juga tutup,” kata Nunun, Rabu (20/1).

Jumlah pengunjung perpustakaan selama pandemi Covid-19 juga dibatasi. Dia menyebut kuota pengunjung Perpustakaan Kotabaru dibatasi sebanyak 70 orang dan Pevita 50 orang. Jika telah mencapai batas kuota dalam satu waktu, maka pengunjung berikutnya harus menunggu untuk masuk ke perpustakaan.

Setiap pengunjung juga wajib menerapkan protokol kesehatan seperti wajib memakai masker, mencuci tangan dengan sabun sebelum masuk, menjaga jarak dan menghindari kerumunan. Selain itu juga dilakukan penyemprotan disinfektan rutin di ruangan Perpustakaan setiap akan membuka dan menutup layanan

“Sebelum masuk tiap pengunjung dicek suhu, sepatu disemprot disinfektan, dan mencuci tangan sebelum masuk. Itu wajib dilakukan. Kami juga sterilisasi meja, kursi dan buku-buku. Tempat duduk pengunjung juga kami buat berjarak,” terangnya.

Menurutnya selama ini Perpustakaan Kota Yogyakarta sudah memiliki layanan inovasi yang bisa memudahkan pemustaka. Layanan itu juga dinilai cocok diterapkan saat masa pandemi yakni layanan Sapa Ratu yang melayani pemustaka tanpa masuk area dan turun dari kendaraan. Termasuk layanan Jamila yang siap mengantarkan buku pada waktu yang telah ditentukan. (Tri)

 

Read previous post:
Hampa Tak Punya Keluarga

SEBAGAI pekerja keras, Marni menjadi lupa memikirkan masalah ksehatan. Sudah beberapa kali sebenarnya ia merasakan adanya rasa sakit di bagian

Close