Tak Ada Sanksi Penolak Vaksin Covid-19 di DIY

YOGYA (HARIAN MERAPI) – Kepala Dinas Kesehatan DIY, Pembajun Setyaningastutie mengaku tidak memberlakukan sanksi khusus bagi masyarakat Yogyakarta yang tidak mau melakukan vaksinasi Covid-19.

Hal tersebut sesuai arahan Gubernur DIY, Sri Sultan HB X yang menempatkan masyarakat sebagai subjek dan menekankan pada kesadaran akan vaksinasi yang dapat menciptakan herd immunity di masyakarat.

“Karena seperti arahan Pak Gubernur membuat masyarakat ini sebagai subjek, sadar bahwa vaksinasi ini cara terbaik melindungi diri kita, keluarga, masyarakat dan negara. Justru kesadaran yang kita inginkan,” katanya kepada wartawan melalui zoom, Senin (11/1).

Oleh sebab itu, tidak akan diterapkan sanksi khusus seperti yang dilakukan provinsi lain. Sosialisasi dilakukan dan digiatkan untuk mengajak masyarakat Yogyakarta memahami pentingnya vaksinasi.

“Jadi di DIY tidak akan diterapkan sanksi mohon maaf seperti provinsi lain, tapi nanti ada ajakan dari pimpinan, dari Ngarsa Dalem untuk melaksanakan vaksinasi,” ungkapnya.

“Saya pikir itu akan lebih efektif, bisa menguatkan dan memberi kesadaran bagi warga. Jadi kemungkinan tidak ada reward dan punishment tidak ada,” imbuhnya.

Pembajun optimis masyarakat Yogyakarta akan memiliki kesadaran dan justru ikut menyukseskan kegiatan vaksinasi seperti yang pernah dilakukan sebelumnya. Sebab vaksinasi di Yogyakarta menurutnya bukan hal yang baru.

“Bahkan saat imunisasi MR cakupan kita itu 98 persen, itu terbaik di Indonesia. Artinya apa, SOP atau mekanisme pelaksanan vaksinasi sudah dilakukan dengan baik dan dipahami teman-teman kesehatan,” jelasnya.

Pembajun juga mengatakan telah disiapkan komite khusus yakni Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) sehingga apabila ada hal yang tidak diinginkan pasca pemberian vaksinasi dapat segera dilakukan tindakan.

“Nanti ada komite daerah KIPI, jadi Pemda sudah siap. Jadi jika terjadi sesuatu maka secara cepat dan berjenjang dalam jangka 1×24 jam provinsi harus tahu. Kita berusaha semaksimal mungkin dan berdoa agar imunisasi berjalan dengan lancar,” jelasnya. (C-4)

Read previous post:
Perwira Polisi Dikeroyok Sampai Masuk Rumah Sakit

Close