Sudirman-Tugu Bebas Parkir Kendaraan

YOGYA (HARIAN MERAPI) – Sebagian pedagang kaki lima (PKL) di Jalan Sudirman dari barat Jembatan Gondolayu sampai Tugu Yogyakarta memilih direlokasi ke Pasar Pingit. Relokasi dipilih karena pascapenataan pedestrian Jalan Sudirman dan Tugu Yogyakarta kawasan itu dilarang untuk aktivitas berjualan dan parkir tepi jalan.

Camat Jetis Sumargandi menyebut ada sekitar 27 PKL yang berjualan di sepanjang Jalan Sudirman dari barat Jembatan Gondolayu sampai Tugu Yogyakarta. Tidak semua PKL memilih direlokasi ke Pasar Pingit karena sebagian mencari tempat sendiri untuk berjualan. Kecamatan Jetis berupaya memfasilitasi para PKL itu dengan menyalurkan ke pasar tradisional terdekat.

“Yang sudah mendaftar (relokasi) baru lima pedagang dan sudah mengumpulkan KTP. Sementara yang sudah daftar kami tampung dulu,” kata Sumargandi, Rabu (9/12).

Pihaknya akan berkomunikasi dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Yogyakarta terkait relokasi sejumlah PKL ke Pasar Pingit. Terutama terkait los-los kosong yang masih bisa ditempati. Mengingat waktu mendekati penyelesaian pengerjaan penataan pedestrian Jalan Sudirman dan simpang Tugu Yogyakarta.

“Kami akan komunikasi dengan Disperindag. Kalau sudah bisa tempatnya, kemungkinan masuk pasar,” ujarnya.

Dia menegaskan pada akhir November sudah melakukan sosialisasi ke pedagang dan juru parkir di Jalan Sudirman terkait larangan aktivitas PKL dan parkir setelah pedestrian ditata. Untuk parkir di tepi Jalan Sudirman rencana dialihkan di sekitar Pasar Kranggan dan Balai RW yang bisa dimanfaatkan.

“Rencana kami baru akan komunikasi dengan Pasar Kranggan di bagian depan dan belakang ada lokasi untuk parkir. Untuk parkir di Balai RW pemanfaatannya bisa kerja sama dengan kampung,” papar Sumargandi.

Pengerjaan penataan pedestrian di Jalan Jenderal Sudirman segmen barat dan simpang Tugu Yogyakarta memasuki tahap akhir. Usai penataan pedestrian dan kawasan simpang Tugu Yogyakarta, aktivitas parkir di bahu jalan dan PKL berjualan dilarang.

“Para pedagang di Jalan Sudirman dan Tugu sepakat pindah dan dikoordinasikan bersama camat. Parkir di pedestrian juga kami bersihkan tidak ada lagi. Di sini jadi spot baru destinasi wisata. PR kami menyiapkan tempat parkir bagi pengunjung Tugu Yogyakarta,” terang Heroe saat meninjau pengerjaan penataan simpang Tugu Yogyakarta.

Sebelumnya Kepala Disperindag Kota Yogyakarta, Yunianto Dwisutono mengatakan beberapa pasar terdekat yang bisa menampung para PKL terdampak penataan pedestrian. Untuk PKL Jalan Sudirman bisa diarahkan ke Pasar Pingit, Pasar Karangwaru dan Pasar Terban. Sedangkan PKL di Jalan KHA Dahlan bisa diarahkan Pasar Ngasem dan Pasar Serangan.

“Kami inventarisir tempatnya diupayakan ke beberapa pasar terdekat. Beberapa pasar masih ada lapak yang kosong. Secara teknis camat akan koordinasi dengan kami,” ucap Yunianto. (Tri)

Read previous post:
BIKIN LAPORAN PALSU MENGAKU DIJAMBRET-Wanita Penipu Dijerat Pasal Berlapis

Close