Bikin Paspor Bisa Sambil Ngemal

YOGYA (HARIAN MERAPI) – Kantor Imigrasi Kelas I TPI Yogyakarta membuka layanan Unit Layanan Paspor (ULP) di Lippo Plaza Yogyakarta, Selasa (1/12). Dengan begitu, pemohon dapat membuat paspor sekaligus berbelanja atau sekedar jalan-jalan menikmati mal.

Kepala Imigrasi Kelas I TPI Yogyakarta, Andri Indradi mengatakan pembukaan ULP menjawab kebutuhan pemohon yang terus meningkat setiap tahunnya. Sekaligus wujud kerja sama sektor swasta dan pemerintah yang terus dapat bersinergi.

“ULP di Lippo satu-satunya yang berada di Provinsi DIY. Kami dituntut terus untuk meningkatkan layanan,” ungkapnya.

Andri mengungkapkan sejarah terbentuknya ULP diawali dengan pembicaraan sejak 2019 dan baru bisa terealisasi sekarang. Pihaknya telah memiliki empat unit layanan di luar Kantor Imigrasi di Jalan Solo Yogyakarta.

“Sejarah terbentuknya ULP diawali dengan pembicaraan 2019 oleh pimpinan sebelumnya. Merupakan wujud pelayanan keimigrasian bagi masyarakat Yogyakarta. Ini wujud public private market place,” jelasnya.

Saat ini, Kantor Imigrasi juga tengah mempersiapkan MoU dengan Kabupaten Sleman untuk membuka layanan ULP Keimigrasian lainnya.

Mall Director Lippo Plaza Yogyakarta, Andrie Maulana Syahputra mengatakan kerja sama merupakan wujud silaturahmi untuk meningkatkan sinergitas sektor swasta dengan pemerintah. Diharapkan dapat menjadi kolaborasi yang baik.

“Sebagai jaringan silaturahmi dalam meningkatkan pengawasan. Diharapkan menjadi sarana komunikasi dan kolaborasi antara pemerintah dan sektor swasta,” ujarnya. “Nantinya rencananya kami akan membuka sistem layanan terpadu lainnya misalnya dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) hingga samsat sehingga masyarakat dapat terlayani dengan baik,” paparnya. (C-4)

Read previous post:
RSUD Wates Buka Layanan Bedah Syaraf

Close