Yogya Salurkan Bansos Tahap Tiga untuk 1.452 KK

YOGYA (HARIAN MERAPI) – Pemerintah Kota Yogyakarta menyiapkan penyaluran bantuan sosial (bansos) tunai tahap ketiga bagi keluarga miskin terdampak pandemi Covid-19. Bansos tunai dari APBD Kota Yogyakarta tahap ketiga itu bakal diterima kepada 1.452 kepala keluarga (KK).

“Belum disalurkan. Kemarin kami baru menyelesaikan pembersihan data calon penerima bansos tunai,” kata Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial Dinas Sosial Kota Yogyakarta, Rihari Wulandari, Kamis (26/11).

Sebanyak 1.452 KK yang akan menerima bansos tunai Pemkot Yogyakarta itu terdiri 711 KK dari data Keluarga Sasaran Jaminan Perlindungan Sosial (KSJPS) tahun 2019. Sedangkan sisanya 741 KK dari data KSJPS tahun 2018 yang tidak masuk data KSJPS tahun 2019.

Dia menyatakan data itu sudah melalui pembersihan atau verifikasi dan belum mendapatkan bansos dari pemerintah pusat dan Pemda DIY. Misalnya semula data KSJPS tahun 2019 yang menjadi calon penerima bansos tunai ada 803 KK. Lalu diverifikasi atau dibersihkan dari data KSJPS yang sudah mendapat bansos pusat dan Pemda DIY, sehingga berkurang menjadi 711 KKK.

Nominal bansos tunai dari APBD Pemkot Yogyakarta sebanyak Rp 300 ribu/bulan dari pos anggaran Belanja Tak Terduga. Nominal tersebut disesuaikan dengan bansos tunai dari pemerintah pusat untuk bulan yang sama. “Bansos tunai dari Pemkot Yogyakarta tahap ketiga akan disalurkan untuk bulan September hingga Desember. Bantuan diserahkan langsung dengan nilai total Rp 1,2 juta,” paparnya.

Dia menjelaskan sistem pendistribusian bansos tunai Pemkot Yogyakarta dilakukan melalui Kantor Pos dengan waktu pengambilan dijadwal agar tidak terjadi kerumunan. Penyerahan surat pemanggilan bekerja sama dengan Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK).

“Harapan kami paling cepat minggu depan bansos tunai tahap tiga sudah bisa tersalurkan. Bagi yang belum bisa mengambil bansos sesuai jadwal, diberikan kesempatan untuk mengambil dengan tanggal atau waktu lain,” urai Wulan.

Dia menuturkan penyaluran bansos tunai dari Pemkot Yogyakarta dilakukan secara langsung di Kantor Pos karena mempertimbangkan sisa waktu tahun anggaran 2020. Pada penyaluran bansos tunai Pemkot Yogyakarta tahap 1 dan 2 sebelumnya dilakukan dalam bentuk wesel pos ke rumah KK penerima bansos. Tapi dengan wesel durasi penyaluran bisa mencapai 90 hari. (Tri) 

Read previous post:
Satgas Sigrak Cegah Tindak Kekerasan

Close