DIY Tunggu Redesain Tol Yogya-YIA

YOGYA (HARIAN MERAPI) – Kepala Dinas Pertanahan dan Tata Ruang DIY, Krido Suprayitno mengatakan redesain jalan tol Yogyakarta-Yogyakarta International Airport (YIA) Kulonprogo ditargetkan dapat diterima akhir Desember 2020 mendatang oleh Pemda DIY.

“Tracenya Yogya-Cilacap tapi segmennya Yogya-YIA itu memang ada perubahan terutama di seksi 3 yang saat ini kami belum memperoleh. Dalam hal ini Pemprov DIY belum (menerima) redesign gambar dari Ditjen Bina Marga,” jelasnya Kamis (26/11) di Kompleks Kepatihan.

“Harapan kami redesain bisa diterima Pemprov DIY itu di akhir pekan Desember lah paling lambat,” imbuhnya.

Krido menjelaskan ditargetkan akhir Desember agar tidak terjadi kekosongan atau jarak yang terlampau jauh dari pembanguanan jalan tol Yogyakarta-Solo dan tol Yogyakarta-Bawen. Mengingat saat ini progres pembangunan tol Yogyakarta-Solo sudah pada tahap terbit Izin Penetapan Lokasi (IPL) dan sudah persiapan pembayaran secara bertahap. Sedangkan progres tol Yogyakarta-Bawen sudah finalisasi akhir dokumen konsultasi publik dan sedang berproses pada IPL.

“Harapan kami redesain terhadap gambar tadi bisa diterima Pemda DIY dengan pertimbangan tadi, agar tidak terlalu berbeda jauh antara (pembangunan tol) Yogya-Solo dan Yogya-Bawen,” ungkapnya.

Setelah redesain diterima dan apabila tidak ada revisi lagi, maka secara resmi sudah dapat dibentuk team persiapan oleh Gubernur DIY melalui Keputusan Gubernur dan argo sudah bisa jalan. “Setelah Pemda DIY menerima redesain berarti secara resmi segera dibentuk tim persiapan dengan keputusan gubernur untuk jalan dengan ketentuan-ketentuan prosedur yang ada,” jelasnya.

Selanjutnya, dengan adanya tim persiapan maka segera dapat menyiapkan segala sesuatu berkaitan dengan pengadaan tanah mulai dari pendataan awal, sosialisasi, ataupun konsultasi publik. “Kalau belum ada redesain, tim persiapan belum bisa dibentuk,” imbuhnya.

Sebelumnya, perjanjian pengusahaan jalan tol (PPJT) dan penjaminan proyek tol Solo-Yogyakarta-YIA Kulonprogo ditandatangani pada Rabu (9/9) oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, disaksikan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan. (C-4)

Read previous post:
Yogya Salurkan Bansos Tahap Tiga untuk 1.452 KK

Close