SMKN 2 Yogya Teken Kerja Sama Industri

YOGYA (HARIAN MERAPI) – Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 2 Yogyakarta melakukan penandatanganan kerja sama bersama dengan dua Dunia Industri dan Dunia Usaha (DUDI) yakni PT Cipta Futura dan PT Samsung Electronic Indonesia, Kamis (26/11) di Aula SMKN 2 Yogyakarta.

Perjanjian ditandatangani Kepala SMKN 2 Yogyakarta, Dodot Yuliantoro dan disaksikan Kabid Dikemnti Dikpora DIY, Isti Triana dan Kasie Pelindungan dan Penempatan Tenaga Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja DIY, Tunggul Bomoaji.

Koordinator Pusat Pengembangan Karir Siswa (PPKS) dan Ketua BKK SMKN 2 Yogyakarta, Arianto Eko Nugroho mengatakan penandatanganan MoU bertujuan meningkatkan Link and Match antara sekolah dan Industri yang terdiri dari berbagai aspek antara lain penyelarasan kurikulum, peningkatan SDM guru melalui magang industri, SDM peserta didik dengan peningkatan Kompetensi, Soft Skill dan Basic Mentality Industri, serta uji sertifikasi peserta didik.

“Melalui link and match ini ia berharap angka pengangguran di SMKN 2 Yogyakarta khususnya dan lulusan SMK akan lebih di minimalisir,” ungkapnya.

Kegiatan tersebut dirangkaikan dengan Job Matching Bursa Kerja Khusus (BKK) Pusat Pengembangan Karir Siswa SMKN 2 Yogyakarta (PPKS SKADUTA) sekaligus launching Kelas Industri PT Cipta Futura dan PT Samsung Electronics Indonesia.

Job Matching sendiri merupakan salah satu program kerja Pusat Pengembangan Karir Siswa (PPKS) yang baru saja berdiri. Bertujuan mampu mengurangi angka pengangguran dengan mempersiapkan calon lulusan SMK dengan bimbingan karir, dan pelatihan tambahan dan disupport penguatan BKK Sekolah.

“Selain itu menjadikan calon lulusan SMK lebih profesional sehingga akan lebih dilirik oleh DUDI serta terbuka lebar untuk membuka lapangan kerja baru sebagai interpreneur,” imbuhnya.

PPKS SMKN 2 Yogyakarta mempunyai lima divisi antara lain, divisi bimbingan konseling, pendidikan dan latihan, kewirausahaan, bursa kerja khusus dan divisi IT, Tracer, Promosi. (C-4)

Read previous post:
DIY Tunggu Redesain Tol Yogya-YIA

Close