Walikota Beri Waktu Sepekan untuk Perbaikan Sarana Pasar Prawirotaman

YOGYA (HARIAN MERAPI) – Sarana pendukung operasional Pasar Prawirotaman di bangunan baru dinilai belum lengkap dan bersih. Pihak ketiga yang mengerjakan dan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Yogyakarta diberi waktu seminggu untuk membenahi sarana itu sebelum pedagang kembali.

“Secara kualitas bagus dan memadai. Tapi masih banyak harus dibenahi. Jangan sampai pedagang repot. Alokasi pedagang harus jelas,” kata Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti saat meninjau gedung Pasar Prawirotaman yang baru direvitalisasi, Selasa (10/11).

Dalam tinjauannya bersama dinas terkait, Haryadi menyoroti beberapa hal di antaranya belum adanya penanda zonasi pedagang atau los, penanda toilet, penanda jalur evakuasi dan lantai dan kaca yang kotor. Termasuk memastikan sarana tempat mencuci pada pedagang daging dan ikan berfungsi dan alirannya jangan sampai menimbulkan genangan. Selain itu mengecek sistem pemadam kebakaran di gedung Pasar Prawirotaman.

“Pasar mutlak harus bersih. Aliran airnya dites ada genangan tidak. Kami kasih waktu seminggu harus bersih dan penanda-penandanya. Tolong <I>ngebut<P> karena awal Desember nanti harus diserahkanterimakan. Kami akan cek lagi, harus bersih dan siap sampai layak ditempati pedagang,” terangnya.

Di samping itu pedagang dan masyarakat juga harus diedukasi terkait pemanfaatan sarana di bangunan baru Pasar Prawirotaman yang berlantai empat itu. Dicontohkan terkait fasilitas toilet duduk yang di pasar harus digunakan semestinya dan dijaga kebersihannya. “Semua pedagang lama harus bisa berdagang kembali. Kalau ada pengisi baru harus mengikuti prosedur,” ujar Haryadi.

Dia menyatankan, Pasar Prawirotaman juga akan dikembangkan dengan layanan pembayaran secara digital, sehingga pembeli tidak harus membawa uang tunai. Pedagang juga harus diedukasi terkait transaksi digitial. Termasuk ketersediaan layanan internet wifi di Pasar. Di samping itu terkait keamanan jenis produk pedagang, timbangan yang sesuai standar harga yang sesuai pasaran. “Pasar Prawirotaman menjadi pasar yang bersih aman, sehat dan mudah transaksinya,” imbuhnya.

Sementara itu Kepala Disperindag Kota Yogyakarta Yunianto Dwisutono mengaku siap untuk membenahi berbagai sarana yang masih kurang untuk mendukung operasional Pasar Prawirotaman di gedung baru. “Kami juga minta komitmen dari pihak ketiga untuk membehani kekurangannya,” ucap Yunianto. (Tri)

Read previous post:
FGD DIVISI HUMAS POLRI DI UKDW: Di Tengah Pandemi Dibutuhkan Kebersamaan

YOGYA (MERAPI) - Divisi Humas Polri bekerja sama dengan Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) Yogyakarta menggelar Focus Group Discussion (FGD)

Close