Libur Panjang, Kereta Api Jarak Jauh Ditambah

YOGYA (HARIAN MERAPI) – Libur panjang akhir pekan dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW dan cuti bersama dari Kamis (29/10) menunjukkan peningkatan penumpang kereta api (KA). Sebanyak 12 KA jarak jauh keberangkatan dari wilayah Daop 6.

Manajer Humas PT KAI Daop 6 Yogyakarta, Eko Budiyanto mengatakan guna memenuhi permintaan peningkatan penumpang, PT KAI Daop 6 menambah perjalanan KA. “Dengan begitu akan semakin banyak pelanggan yang dapat menikmati perjalanan kereta api yang aman, nyaman, selamat, dan sehat,” ungkapnya, Selasa (27/10).

Eko menyebut protokol kesehatan tetap diterapkan secara ketat. Penumpang tetap diharuskan dalam kondisi sehat dan menunjukkan Surat Bebas Covid-19 (tes PCR/rapid test) yang masih berlaku. “Guna menjaga jarak selama perjalanan, KAI juga hanya menjual tiket sebanyak 70 persen dari kapasitas tempat duduk yang tersedia,” imbuhnya.

Sebagai upaya peningkatan pelayanan dalam menerapkan protokol kesehatan, KAI Daop 6 menyediakan layanan rapid test di dua stasiun yakni Stasiun Yogyakarta dan Solo Balapan.

Eko mengimbau pada para calon penumpang yang memakai layanan rapid test di stasiun sebaiknya satu hari sebelum keberangkatan demi mencegah antrean. Selain itu dia juga mengatakan masyarakat tidak perlu khawatir berlebihan dalam menggunakan berbagai layanan sebab KAI dispilin dalam menerapkan protokol kesehatan.

Adapun 12 kereta api jarak jauh yang akan beroperasi dari wilayah Daop 6 Yogyakarta meliputi Kereta Api Argo Lawu, Taksaka, Argo Dwipangga, Argo Lawu Fakultatif, Taksaka Fakultatif, Mataram, Bogowonto, Gajahwong, Senja Utama Yogyakarta, Joglosemarkerto, Bengawan, dan Kereta Api Sritanjung.

Selain itu terdapat berbagai Kereta Api lain yang juga melintas di wilayah Daop 6 menuju ke berbagai kota tujuan antara lain Kereta Api Argo Wilis, Bima, Turangga, Sembrani, Gajayana, Mutiara Selatan, Malabar, Brantas, Ranggajati, Jayakarta, Matarmaja, Kahuripan, Wijaya Kusuma dan berbagai kereta api lainnya.

Di samping itu, PT KAI (Persero) Daop 6 Yogyakarta juga mengoperasikan 4 Perjalanan KA Bandara YIA untuk memfasilitasi penumpang yang akan bepergian menuju Bandara YIA dari Stasiun Yogyakarta maupun Stasiun Kebumen. (C-4)

Read previous post:
Klaster Keluarga Mendominasi, Pengambilan Swab Ditangani Puskesmas

KARANGANYAR (MERAPI) - Inveksi Covid-19 ke anggota keluarga pasien dan kontak eratnya makin menambah jumlah kasus di masa pandemi. Klaster

Close