100 Mahasiswa Terima Beasiswa Berprestasi dari Pemkot Yogya

YOGYA (HARIAN MERAPI) – Program Jaminan Pendidikan Daerah (JPD) dari Pemkot Yogyakarta berupa beasiswa berprestasi tahun 2020 disalurkan kepada sekitar 100 mahasiswa. Beasiswa berprestasi tersebut untuk membantu mendukung biaya pendidikan para mahasiswa dari keluarga miskin.

“Beasiswa berprestasi ini diberikan kepada mahasiwa dari keluarga sasaran jaminan perlindungan sosial,” kata Kepala Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta Budi Santosa Asrori saat penyaluran beasiswa berprestasi secara simbolik di Balaikota, Kamis (22/10).

Setiap penerima beasiswa mahasiswa berpretasi mendapat Rp 2 juta yang berasal dari APBD Kota Yogyakarta tahun 2020. Beasiswa mahasiswa berprestasi itu diberikan dalam bentuk tabungan di rekening Bank BPD DIY. Dia menyampaikan penerima beasiswa berprestasi itu melalui seleksi di antaranya indeks prestasi dan akreditasi perguruan tinggi. Penerima beasiswa mahasiswa berprestasi memiliki IPK terendah 3,75.

Ia menyebut total anggaran JPD tahun 2020 mencapai Rp 31,6 miliar. Sedangkan per September 2020 total dana JPD telah dicairkan sebanyak Rp 13 miliar. Dalam kesempatan itu juga disalurkan bantuan beasiswa pendidikan CSR dari Bank BPD DIY kepada 74 siswa SMP dan SD dari keluarga kurang mampu non KSJPS. Setiap penerima beasiswa pendidikan mendapat Rp 1,5 juta.

Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti berharap beasiswa itu dapat dimanfaatkan para mahasiswa dan pelajar yang menerima dengan baik. Terutama untuk mendukung kebutuhan biaya pendukung pendidikan. Dia juga mengajak para mahasiswa dan pelajar penerima beasiswa untuk meraih mimpi dan cita-cita masing-masing.

Direktur Pemasaran Bank BPD DIY, Agus Tri Murjanto mengatakan total program CSR dari Bank BPD DIY tahun 2020 di Kota Yogyakarta mencapai sekitar Rp 1,1 miliar. Salah satunya pemberian beasiswa pendidikan bagi pelajar SD dan SMP. (Tri)

Read previous post:
Sultan Minta Warga Waspadai Angin Kencang

Close