Pemkot Yogya Antisipasi Lonjakan Wisatawan Akhir Bulan Oktober

YOGYA (HARIAN MERAPI) – Pemkot Yogyakarta menyiapkan berbagai antisipasi menghadapi libur panjang akhir Oktober di masa pandemi Covid-19. Wisatawan dari luar daerah dipersilakan datang ke Yogyakarta, tapi dipastikan harus sehat.

“Silakan datang ke Yogya, namun pastikan anda sehat. Kewajiban saya melindungi warga Kota Yogya khususnya, agar tidak tertular Covid-19,” kata Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti, Rabu (21/10).

Haryadi menyatakan sudah menggelar rapat bersama Satuan Tugas Penanganan Covid-19 terkait antisipasi libur panjang akhir Oktober 2020. Terutama agar tidak ada lonjakan kasus Covid-19 karena ada potensi wisatawan dari luar DIY. Oleh sebab itu protokol kesehatan di tempat-tempat terkait wisatawan seperti tempat wisata dan hotel tempat menginap wisatawan. Misalnya terkait dokumen non reaktif hasil rapid test dan negatif untuk tes usap dahak atau swab test.

“Identitas kesehatan itu dengan hasil rapid non reaktif dan hasil swab negatif. Mohon dipahami jika nanti petugas kami, pemandu wisata dan petugas hotel tempat menginap wisatawan meminta hal-hal yang seperti itu,” tuturnya.

Sementara itu Ketua Harian Satgas Penanganan Covid-19 Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi mengatakan, Pemkot Yogyakarta sudah memantau secara acak penerapan protokol kesehatan di sejumlah hotel, restoran, kafe, warung dan objek wisata. Termasuk penegakan yustisi protokol kesehatan wajib memakai masker. Hal itu untuk mengantisipasi lonjakan kasus Covid-19 saat libur panjang. Berkaca pada Agustus lalu setelah libur panjang, ada lonjakan kasus Covid-19.

“Makanya saat ini semua pelaku usaha di Malioboro selain masker juga pakai <i>face shield<P>. Kami buat suasana dan kondisi yang nyaman tidak tegang dan menghibur,” jelas Heroe. (Tri)

 

Read previous post:
DIJAJAKI PEMDA SLEMAN: Pemanfaatan Selokan Mataram untuk Sektor Perikanan

SLEMAN (MERAPI) - Pemerintah Kabupaten Sleman menjajaki pemanfaatan aliran air di Selokan Mataram yang selama ini untuk pengairan pertanian, juga

Close