Digelar Secara Virtual Malam Ini, Wayang Jogja Night Carnival Usung Babat Alas Mertani

YOGYA (HARIAN MERAPI) – Puncak Hari Ulang Tahun (HUT) ke-264 Kota Yogyakarta tetap akan diperingati dengan kegiatan Wayang Jogja Night Carnival (WJNC). Hanya saja WJNC akan digelar secara virtual yang bisa disaksikan masyarakat melalui akun Pemkot Jogja di Youtube Rabu (21/10) malam ini.

“Wayang Jogja Night Carnival tahun kelima ini berbeda karena berbasis virtual. Kegiatan berjalan tapi menyesuaikan dengan kondisi pandemi Covid-19,” kata Kepala Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta, Maryustion Tonang, Selasa (20/10).

Ia menuturkan WJNC akan menampilkan lakon Babad Alas Mertani. Lakon ini berkisah tentang Pandawa yang dihadapkan dengan tempat, kondisi, dan keadaan baru, yaitu Alas Mertani hutan lebat tempat para binatang buas dan jin. Perjuangan dan kekompakan Pandawa melawan gangguan musuh yang tidak bisa mereka lihat dan ketahui bisa menjadi teladan bagi kita.

“Lakon Babat Alas Mertani ini dipilih karena relevan dengan keadaan pandemi Covid-19. Seperti sejarah berdirinya Yogyakarta dengan babat alas. Akan ada lima kendaraan hias yang tampil,” paparnya.

Lima kendaraan hias yang akan tampil adalah mengambarkan hutan belantara alas mertani, kerajaan jin, keluarga Pandawa, taman kerajaan dan Istana Indraprasta. Sejumlah seniman lokal yang akan terlibat dalam pertunjukan tersebut di antaranya Ki Seno Nugroho, Tri Suaka, Dimas Tejo, Srundeng Angkringan, Sothil Angkringan, Trinil Angkringan, Michela Thea, Putri Manjo dan Avie Koesnadi.

Masyarakat bisa menyaksikan WJNC pada Rabu (21/10) mulai pukul 18.30 WIB melalui kanal Youtube Pemkot Jogja.

“Penonton tamu undangan dibatasi. Pertunjukan dibawakan para seniman dan jumlahnya dibatasi serta menerapkan protokol kesehatan. Pertunjukan utama juga hanya dibatasi satu jam,” tambah Tion. (Tri)

Read previous post:
DIY Tak Bisa Cegah Wisatawan Datang Saat Libur Panjang Akhir Oktober

Close