Pembayaran Pembebasan Lahan Tol Yogya-Solo Dimulai dari Desa Purwomartani

YOGYA (HARIAN MERAPI) – Proyek pembangunan tol Yogyakarta-Solo memasuki proses penyelesaian pemberkasan untuk diterbitkan surat hasil inventarisasi kemudian dilanjutkan penilaian appraisal dan pembayaran. Saat ini yang sudah selesai ialah Desa Purwomartani dengan pembayaran ditargetkan pada bulan Desember mendatang.

“Setelah tim appraisal ketemu angka. Bulan Desember itulah pembayarannya. Yang bersangkutan diundang secara resmi,” ungkap Kepala Dinas Pertanahan dan Tata Ruang DIY, Krido Suprayitno, Senin (19/10) di DPRD DIY.

Krido mengatakan sebelum penilaian oleh appraisal, panitia satgas A dan B akan memberikan informasi dan pengumuman hasil pemberkasan dan rekapitulasi kepada warga.

“Otomatis masyarakat akan merespons hasil pengumuman. Warga itu merespons tidak. Kalau ada permohonan kejelasan di situ diumumkan. Satgas A ngukur dan matok. Satgas B mengumumkan. Kalau tidak ada tanggapan berarti setuju,” jelasnya.

Selanjutnya, tim appraisal akan melakukan penyesuaian data terhadap bangunan dan tanah, dinilai sesuai dengan aturan perundang-undangan yang berlaku dengan target pertengahan November 2020.

“Kita berharap agar pertengahan November selesai terhadap tanggapan data hasil dari appraisal. Selesai appraisal, penilaian selesai,” imbuhnya.

Sehingga pada Desember 2020, diharapkan pemilik tanah yang diundang sudah tahu berapa nilai tanah dan bangunan. “Desember pemilik tanah diundang terkait hasil yang sudah dihitung oleh tim appraisal. Diundang satu-satu. Desember harapan kami pemilik tanah sudah tahu nilai tanah dan bangunan. Hasil appraisalnya sudah diketahui,” jelasnya.

“Pembayaran ganti rugi Desember sudah ada pembayaran harapannya sudah terealisasi. Kemungkinan besar Purwomartani,” sambungnya. (C-4)

Read previous post:
Rayakan HUT Ke-2, Kiber Bagikan Santunan ke Anak Yatim

SUDAH menjadi tradisi bagi komunitas Kricak Bersatu (Kiber) untuk selalu berbagi kepada sesama. Terlebih saat komunitas yang dibentuk di Kampung

Close