Puncak Peringatan HUT ke-75 KR Digelar Sederhana

MERAPI-FRANZ BOEDISUKARNANTO
Pemotongan tumpeng HUT ke-75 SKH Kedaulatan Rakyat.

BERBAH (MERAPI) – Puncak peringatan HUT ke-75 SKH Kedaulatan Rakyat digelar secara sederhana di tengah situasi Pandemi Covid-19, di Aula Kantor Percetakan KR Kalitorto Berbah Sleman, Sabtu (26/9) malam. Namun demikian hal tersebut tidak mengurangi semangat untuk menjadikan KR tetap eksis.
Rangkaian syukuran HUT ke-75 SKH Kedaulatan Rakyat yang dihadiri jajaran direksi dan komisaris tersebut diawali dengan Semaan Alquran 30 Juz yang dibaca bersama direksi, komisaris dan karyawan. Selanjutnya diadakan pengajian menghadirkan pembicara KH Heru Kuswanto dari PP Lintang Songo.

Setelah itu dilanjutkan dengan nonton bareng video pergelaran wayang kulit refleksi 75 Tahun KR yang dibawakan dalang Ki Seno Nugroho menghadirkan lakon ‘Petruk Dadi Ratu’. Dalam kesempatan tersebut juga dilakukan launching E-Paper KR dan diakhiri pemotongan tumpeng tepat pukul 00.00 WIB menandai pergantian tanggal masuk 27 September 2020.

Dengan khusyuk, tiap orang yang hadir membaca satu Juz Alquran. Suasana tenang sangat terasa berbarengan dengan lantunan ayat suci Alquran tersebut.
“Pada HUT ke-75 ini, kami berharap KR tetap eksis. Tetap bisa terbit dan tetap berguna untuk masyarakat atau ‘migunani tumraping liyan’,” tegas Direktur Utama PT BP Kedaulatan Rakyat HM Wirmon Samawi SE MIB di sela kegiatan.

Seperti halnya gelaran Semaan Alquran yang rutin dilaksanakan tiap tahun, hal itu sebagai bagian tetap ingat kepada Allah SWT, Tuhan pencipta alam semesta agar senantiasa tawakal. “Ikhtiar dan tawakal. Sejak berdirinya KR hingga hari ini harapannya akan selalu dekat dengan Tuhan YME,” jelas Wirmon.

Rutinitas pergelaran wayangan juga coba tetap dipertahankan. Hanya saja di tengah situasi Pandemi, mau tidak mau Wirmon menyebut harus dilakukan secara daring karena situasi yang tidak memungkinkan.
Terpisah Ketua Umum Panitia HUT ke-75 SKH Kedaulatan Rakyat Baskoro Jati Prabowo mengatakan, khusus untuk ulang tahun pada 2020 ini sebenarnya masuk pada momen lima tahunan yang menarik untuk dibuat acara meriah. Hanya saja terbentur Pandemi Covid-19, hal tersebut tidak memungkinkan untuk dilaksanakan.

“Hampir semua kegiatan event yang sudah direncanakan panitia tidak bisa terlaksana. Mulai rangkaian awal Sedikit Daihatsu yang sedianya digelar Maret 2020 karena situasi juga belum bisa terlaksana hingga saat ini.
Namun begitu Baskoro menegaskan tidak ada kata patah semangat. Tidak pesimis dan tetap optimis ke depan KR akan tetap jaya.

“Sebagai koran perjuangan, sebagai penerus kami ingin KR harus tetap ada. Berbagai upaya kami lakukan, baik pembenahan eksternal maupun internal agar KR tetap lestari,” tegas Baskoro. (Feb)

Read previous post:
Bawaslu Ancam Bubarkan Kampanye

BANTUL (MERAPI) - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bantul mengancam akan melakukan pembubaran kampanye yang melakukan pelanggaran termasuk protokol kesehatan.

Close